Kadinkes Papua : Anak Dibawah Umur 15 Tahun Wajib Imunisasi

0
164
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua, drg Aloysius Giyai, M.Kes. (Fransisca/LintasPapua.com)

 

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) –  “Imunisasi adalah salah satu Program Kesehatan untuk mencegah penyakit atau firus yang dapat mengancam tumbuh kembang anak kedepan,”  ujar Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua, Aloysius Giyai, kepada wartawan, Jumat kemarin (21/09/2018)

 

Secara Nasional kita sudah pernah mendapat imunisasi cacar pada tahun 60-70an saat ini sudah tidak ada lagi imunisasi cacar air, dan pada tahun 2006 kita telah melaksanakan Program Imunisasi Polio dan di papua sampai saat ini sudah tidak di temukan lagi kasus polio yang berkembang.

 

Dan pada tahun lalu secara nasional di mulai dengan Imunisasi Campak dan Rubela (MR).

 

Imunisasi dilakukan bertujuan agar kekebalan tubuh pada anak berumur dibawah 9bulan dan di bawah 15tahun, Imunisasi ini diberikan bisa setiap Tahunnya, Dan imunisasi ini tidak berdampak buruk pada kesehatan anak.

 

Sebagaimana target Nasional seluruh anak-anak yang berumur dibawah 9 bulan dan dibawah 15 Tahun itu wajib mendapat Imunisasi.

 

Sebagaimana kondisi kesehatan anak di Papua yang derajatnya rendah dan rentang terkena penyakit, Maka seluruh anak di papua harus dan wajib diberikan Imunisasi agar kekebalan tubuh bisa terjaga dengan baik.

 

Untuk wilayah Papua kita masih rendah Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) maka kekebalan tubuh kita masih sangat rentang untuk penyakit masuk pada tubuh kita.

 

Maka salah satu pencegahannya adalah dengan memberi Imunisasi secara teratur pada anak dibawah umur 9bulan sampai dibawah umur 15tahun. (Berti Pahabol)