KPU Kabupaten Jayapura Tetapkan Daftar Calon Tetap 398 Caleg

0
1803
Ilustrasi Bendera Partai Politik (ISTIMEWA)

SENTANI (LINTAS PAPUA) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jayapura secara resmi menetapkan Daftar Calon Tetap (DCT) Pemilihan Legislatif (PIleg) 2019, Kamis (20/9/2018) kemarin pagi.

Setelah melalui berbagai proses mulai dari pendaftaran, pengumuman Daftar Calon Sementara (DCS) hingga tanggapan masyarakat, akhirnya total Calon Legislatif (Caleg) di Kabupaten Jayapura sebanyak 398 orang dari 16 Parpol.

Demikian dikatakan Ketua KPU Kabupaten Jayapura Pieter Wally kepada wartawan disela-sela kegiatan Rapat Pleno Penetapan Daftar Calon Legislatif Kabupaten Jayapura, yang berlangsung di Hotel HoreX, Kota Sentani, Kabupaten Jayapura, Kamis (20/9/2018) siang.

“Sesuai dengan tahapan dan jadwal dari PKPU, maka pada hari ini (kemarin) KPU seluruh Indonesia menetapkan daftar calon tetap (DCT) Pileg 2019. Untuk di Kabupaten Jayapura pada hari ini (kemarin), kita dari KPU sudah tetapkan dengan total partai ada 16, kemudian total calon legislatif laki-laki sebanyak 234 orang dan calon legislatif perempuan sebanyak 164 orang. Sehingga total keseluruhannya adalah 398 orang,” kata Pieter Wally.

Lanjutnya, untuk persentase keterwakilan perempuan itu sekitar 41,10 persen. Dengan status sudah memenuhi syarat (MS).

“Jadi, 16 partai dengan caleg-caleg yang diusulkan sudah memenuhi syarat (MS). Sehingga semuanya kita nyatakan MS,” ujarnya.

Selain itu, kata Pieter, juga tak ada calon legislatif yang digugurkan dan taka da lapoan dari masyarakat yang menyangkut uji publik dari masing-masing Caleg.

“Sejak diumumkan daftar calon sementara hingga penetapan ini tidak ada yang bermasalah atau digugurkan, sehingga sesuai jadwal DCT ditetapkan,” katanya.

Pieter menjelaskan, dari total DCS sebanyak 399 orang, akhirnya ditetapkan menjadi 398 orang. Hal ini dikarenakan ada satu (1) orang yang mengundurkan diri dari Partai Persatuan Indonesia (Perindo) daerah pemilihan (Dapil) 1.

“Hanya ada satu bakal calon yang mengundurkan diri dari Partai Perindo dari Dapil 1 nomor urut 2. Pasca persiapan penetapan DCT, yang bersangkutan mengundurkan diri. Sementara kami skors waktu ini, untuk yang bersangkutan harus membuat surat pernyataan pengunduran diri yang ditujukan ke KPU. Sehingga namanya kita tidak masukkan dalam daftar calon tetap, yang akan kita kirim ke Silon,”  terangnya.

Langkah selanjutnya yang akan dilakukan KPU, Pieter menyampaikan, pihaknya akan memuat nama-nama 398 orang yang telah ditetapkan dalam DCT ini di media massa.

“Jadi, kami anggap ini sudah selesai maka langkah berikutnya adalah besok (hari ini) kami akan umumkan di media massa. Kemudian masng-masing calon partai maupun calon untuk bisa mengkampanyekan dirinya, karena kita sudah tetapkan mereka dalam DCT,” katanya. (Irfan / Koran Harian Pagi Papua)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here