SENTANI (LINTAS  PAPUA) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura menggelar acara syukuran peringatan HUT atau Hari Jadi ke-49 Kabupaten Jayapura, di Aula Lantai II Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura, Kamis (13/9/2018) pagi sekira pukul 10.00 WIT.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati (Wabup) Jayapura Giri Wjayantoro, Kapolres Jayapura AKBP Victor Dean Mackbon, S.H., S.IK., M.H., M.Si, Dandim 1701/Jayapura Letkol Inf. Nova Ismailiyanto, S.IP, sejumlah Anggota DPRD Kabupaten Jayapura, unsur Forkompimda Kabupaten Jayapura, sejumlah Kepala OPD Kabupaten Jayapura, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda dan Organisasi Perempuan di Kabupaten Jayapura.

Wakil Bupati Jayapura Giri Wijayantoro saat membacakan sambutan Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, S.E., M.Si, mengatakan peringatan Hari Jadi Kabupaten Jayapura ke-49 ini merupakan momentum mewujudkan Kabupaten Jayapura Bersama (Berkualitas, Sejahtera dan Ramah) yang sesuai dengan tema peringatan Hari Jadi Kabupaten Jayapura kali ini.

“Oleh karena itu, saya mengajak seluruh komponen penyelenggaraan pemerintahan dan masyarakat menjadikan peringatan hari jadi Kabupaten Jayapura sebagai momentum untuk mengevaluasi dan memperbaiki diri serta memantapkan kebersamaan dalam menyelenggarakan pemerintahan dan pembangunan di Kabupaten Jayapura,” ajaknya.

Dengan kebersamaan, kerja keras dan kekompakan serta partisipasi seluruh komponen masyarakat, maka berbagai hambatan dan kendala yang terjadi dalam proses membangun Kabupaten Jayapura dapat kita atasi bersama, sambungnya.

Dikatakanya, pihaknya menyadari bahwa pembangunan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Jayapura. Hal itu merupakan hasil dari proses pembangunan yang berkesinambungan dan hasil integrasi peran antara pemerintah (Birokrasi), sektor swasta dan masyarakat.

“Marilah kita warnai Kabupaten Jayapura dengan implementasi dan pengembangan potensi kekayaan budaya lokal yang memiliki nilai-nilai adat dalam setiap kegiatan yang kita lakukan. Selain itu, marilah kita tingkatkan kinerja kita agar pembangunan di Kabupaten Jayapura lebih membawa manfaat besar bagi masyarakat di Kabupaten Jayapura,” tegasnya.

“Atas nama pemerintah daerah dan pribadi, dirinya mengucapkan terima kasih kepada para pimpinan Pemerintah Kabupaten Jayapura terdahulu, Anggota Legislatif dan para Birokrat, seluruh masyarakat Kabupaten Jayapura, swasta serta seluruh instansi vertikal yang ada di wilayah Kabupaten Jayapura, yang telah bekerja keras untuk kemajuan masyarakat Kabupaten Jayapura,” ucapnya.

Kinerja penyelenggaraan pemerintahan di Kabupaten Jayapura memperoleh apresiasi tertinggi dari Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Provinsi Papua yaitu, Kepala Daerah Inovatif dari Koran SINDO Award Kategori Ekonomi dan Investasi, penghargaan dari Kementerian Keuangan RI atas hasil LKPD T.A. 2016 yang memperoleh WTP pada T.A. 2017 dan penghargaan dari BPK RI yang memperoleh WTP mulai dari tahun 2014-tahun 2018.
Kemudian penghargaan dari Koran SINDO sebagai salah satu Kepala Daerah Inovatif kategori Sosal dan Budaya tahun 2017, piagam penghargaan dari Yokatta kategori pembinaan umat beragama tahun 2017, piagam dari Kementerian PPPA RI sebagai pelopor pelayanan perlindungan khusus di wilayah timur tahun 2017, piagam dari LPTQ Provinsi Papua dan penghargaan dari Kementerian PPPA RI sebagai pengerak penanganan eksploitasi seksual anak di wilayah timur 2017.

“Nah, berbagai penghargaan tersebut memberikan konsekuensi dan tanggung jawab yang lebih besar bagi kita, untuk meningkatkan kinerja, kebersamaan da kekompakan, sinergitas di semua penyelenggara pemerintahan, masyarakat dan swasta,” imbuhnya.

“Kita harus berperan aktif, bahu membahu dan bersinergi menghadapi tantangan yang ada. Sehingga nanti terwujud masyarakat Kabupaten Jayapura yang lebih sejahtera, berdaya saing dan berkeadilan,” tukasnya. (Irfan / Koran Harian Pagi Papua)