SENTANI (LINTAS  PAPUA)  –  Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, S.E, M.Si dijadwalkan akan mengunnjugi Sekolah Adat Kabupaten Jayapura, di Kampung Hobong, Distrik Sentani, pada hari Kamis (6/9/2018) ini.

Terkait agenda kunjungan Bupati Jayapura tersebut, Yayasan Pengembangan dan Pemberdayaan Adat (YPPA) Sekolah Adat Kabupaten Jayapura mulai mematangkan persiapan kunjungan oleh orang nomor satu di Bumi Khenambay Umbay itu.

Persiapan tersebut dilakukan oleh Direktur YPPA Sekolah Adat Kabupaten Jayapura, Origenes Monim, S.T.

“Ya benar, kami mengundang bapak Bupati Jayapura untuk kunjungi kami di sekolah guna melihat kesiapan kami dalam menjalankan seluruh proses belajar mengajar untuk tahun ajaran 2018/2019,” ungkap Origenes Monim yang juga Kepala Sekolah Adat Kabuaten Jayapura kepada Harian Pagi Papua, di Kota Sentani, Rabu (5/9/2018) kemarin.

Dirinya mengatakan, pentingnya kehadiran Bupati Jayapura dalam proses pembukaan belajar/mengajar di Sekolah Adat Kabupaten Jayapura, karena selaku pimpinan daerah yang juga sebagai pencetus Kebangkitan Masyarakat Adat di Papua itu dapat memberikan motivasi kepada siswa-siswi sebelum masuk dalam proses pembelajaran.

Menurutnya, sekolah adat tersebut juga hadir tidak terlepas dari semangat kebangkitan masyarakat adat, sehingga tidak ada salahnya Bupati Jayapura dapat menghadiri serta memberikan sambutan sekaligus membuka secara resmi semua kegiatan belajar mengajar.

Selan itu, Origenes Monim mengakui bahwa keberadaan sekolah adat Papua tidak terlepas dari peran serta Pemerintah Daerah Kabupaten Jayapura. Keberadaan sekolah adat dalam wilayah pemerintahan, sehingga perlu adanya keterlibatan pemerintah dalam pengembangan sekolah tersebut kedepan.

“Besok bapa Bupati datang ikuti beberapa kegiatan kami yakni, peluncuran spead boat sekolah adat Kabupaten Jayapura, pencanangan tour wisata Danau Sentani, pelantikan pengelola unit pendidikan adat di Sembilan Dewan Adat Suku pada wilayah Pemerintahan Kabupaten Jayapura dan pembukaan proses belajar mengajar sekolah adat,” imbuhan.

Untuk itu, Origenes Monim mengharapkan, kepada semua pihak yang berkepentingan maupun tidak untuk bersama-sama Bupati menghadiri sekaligus mengikuti beberapa agenda yang sudah di tetapkan oleh pihaknya guna di ikuti bersama dalam kunjungan tersebut. (Irfan / Koran Harian Pagi Papua)