Bincang-bincang dengan Bripka Eka Irianingsih Bosta, Penerima Penghargaan Pin Emas Garuda

0
673
Kapolres Jayapura AKBP Victor Dean Mackbon, SH., S.IK., MH, M.Si,  bersama Bripka Eka Irianingsih Bosta . (Irfan / HPP)
Bripka Eka Irianingsih Bosta dari Polres Jayapura yang menerima penghargaan dari Ibu Negara, Iriana Joko Widodo pada puncak perayaan HUT Polwan ke-70 tahun 2018. (ISTIMEWA / Irfan / HPP)

Bhabinkamtibmas Polsek Nimbokrang yang Terima Penghargaan Pin Emas Garuda

Karena pencapaian serta prestasinya yang melebihi panggilan tugas semestinya, Bripka Eka Irianingsih Bosta, Bhabinkamtibmas Polsek Nimbokrang Polres Jayapura mendapatkan penghargaan Pin Emas Garuda dari Ibu Negara, Iriana Joko Widodo, di Monas, Jakarta Pusat, Senin (3/9/2018) lalu.

Berikut Laporannya : Muhammad Irfan (Wartawan Koran Harian Pagi Papua)

Ada sekitar 10 orang anggota Polwan dari berbagai daerah yang mendapatkan penghargaan, salah satunya Bripka Eka Irianingsih Bosta dari Polres Jayapura yang menerima penghargaan dari Ibu Negara, Iriana Joko Widodo pada puncak perayaan HUT Polwan ke-70 tahun 2018.

Eka sehari-hari bertugas sebagai Bhayangkara Pembina Kamtibmas (Bhabinkamtibmas) di Kampung Nembokrang Sari, Distrik Nimbokrang atau wilayah hukum Polsek Nimbokrang, Kabupaten Jayapura.

Menariknya, di seantero Tanah Papua, khususnya di Kabupaten Jayapura, Eka satu-satunya perempuan Bhabinkamtibmas yang menerima penghargaan Pin Emas Garuda dari Ibu Negara, Iriana Joko Widodo.

Tentu penghargaan polisi berprestasi yang diraih oleh perempuan kelahiran Abepura, 14 Maret 1984 itu bukan tanpa sebab.

Selama beberapa tahun menjabat sebagai Bhabinkamtibmas Kampung Nembokrang Sari, berbagai terobosan menarik dia luncurkan.

Satu yang paling menonjol adalah pembentukan Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat (FKPM) di Kampung Nembukrang Sari, Distrik Nimbokrang, Kabupaten Jayapura.

Eka, panggilan akrabnya kini berpangkat Bripka. Ia mengungkapkan rasa bangga dan bahagianya karena pencapaian dan juga prestasinya sebagai Polwan Bhabinkamtibmas Polsek Nimbokrang Polres Jayapura diberi apresiasi tinggi oleh Presiden RI melalui Ibu Negara dengan memberikan Pin Emas Garuda.

Jadi, tugas kami sebagai anggota Kepolisian adalah memberikan pelayanan yang baik bagi masyarakat seperti apa yang disampaikan oleh bapak Kapolres Jayapura yakni, kami Polres Jayapura menuju ke Zona Integritas dan Wilayah Bebas Korupsi, ucap Bripka Eka yang sudah bertugas di Polsek Nimbokrang sejak tahun 2009 dan menjadi Bhabinkamtibmas Polwan berdasarkan S-Kep yang dikeluarkan itu sejak tahun 2016 lalu.

Nah dari situ, terkhusus saya sebagai seorang polisi wanita yang ditugaskan di Polsek Nimbokrang dan sebagai satu-satunya Bhabinkamtibmas Polwan yang ada di Kampung Nembukrang Sari-Distrik Nimbokrang itu, cenderung saya lebih terkhusus hatinya tergerak untuk mama-mama (Ibu) dan anak-anak yang ada di kampung. Karena permasalahan yang sering terjadi di kampung itu adalah kekerasan terhadap perempuan dan anak, sambung dia.

Yang jelas saya merasa sangat bahagia karena bisa membawa nama Polres Jayapura dan Polsek Nimbokrang untuk mendapatkan penghargaan Pin Emas Garuda dari Ibu presiden. Ini sangat luar biasa bagi saya, dan saya ingin ucapkan terima kasih kepada bapak Kapolres dan bapak Kapolsek Nimbokrang Ipda M. Bimo Seno, yang mana kami sebagai anggotanya selalu diarahkan untuk bekerja secara baik guna melayani masyarakat, tukas Bripka Eka I. Bosta.

Sementara itu, Kapolres Jayapura AKBP Victor Dean Mackbon, SH., S.IK., MH, M.Si,  menyatakan, bahwa pihaknya ingin menyampaikan kepada masyarakat khususnya yang ada di Jayapura, anggota bernama Bripka Eka Irianingsih Bosta sebagai Bhabinkamtibmas Polsek Nimbokrang Polres Jayapura Polda Papua ini mendapat penghargaan dari Presiden RI Ir. H. Joko Widodo pada saat puncak perayaan HUT Polwan ke-70 tahun 2018 di Monas, Jakarta Pusat, Senin (3/9) lalu.

Jadi, dia (Bripka Eka) menerima penghargaan berupa Pin Emas Garuda dari Presiden RI melalui Ibu Negara, Iriana Joko Widodo. Ini merupakan prestasi yang luar biasa, tentunya saya selaku komandan dan rekan-rekan lainnya juga cukup bangga bahwa ada anggota kami dari Polres Jayapura yang berasal dari kaum Polwan ini bisa terlihat diantara kurang lebih 400 ribu personil Polri yang ada di Indonesia, ucapnya.

Lanjut Kapolres Victor menyampaikan, ditunjuknya nama Bripka Eka Irianingsih Bosta ke Jakarta untuk mendapatkan reward Pin Emas Garuda dari Presiden RI mealui Ibu Negara pada puncak perayaan HUT Polwan ke-70, karena pencapaian serta prestasinya sebagai Bhabinkamtibmas Polsek Nimbokrang Polres Jayapura itu mampu membentuk Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat (FKPM) di Kampung Nembukrang Sari, Distrik Nimbokrang, Kabupaten Jayapura.

Kenapa sampai Bripka Eka ini bisa ditunjuk itu tentunya ada penilaian-penilaian yang dinilai yakni, diantaranya memang ada berbagai prestasi yang diperolehnya seperti kemampuannya membentuk FKPM di Kampung Nembukrang Sari, kemudian dia juga menjadi pengajar di Sekolah Pelopor Keadilan (SPK) di Kampung Nembukrang Sari dan menjadi pengajar di PAUD Ngambe di Kampung Nembukrang Sari, Distrik Nimbokrang, bebernya.

Kemudian beberapa prestasi lain yang berhasil dilakukan oleh Bripka Eka dan kegiatan-kegiatan atau aktivitas yang dilakukan Bripka Eka ini sempat dibuatkan video dokumentasi serta menjadi salah satu peserta perwakilan dari Indonesia dalam rangka UN International Womens Day dengan tema, Time is Now: Rural and Urban Activists Transforming Womens Lives, pada bulan Maret 2018 lalu.

Jadi, film atau video dokumentasi ini menjadi (masuk) nomine di ajang UN International Womens Day pada bulan Maret 2018 lalu. Kemudian juga ada penghargaan yang kita berikan dari Kapolres Jayapura yaitu, sebagai Polwan Bhabinkamtibmas terbaik Polres Jayapura bulan Maret 2018 lalu. Bripka Eka yang mempunyai berbagai macam prestasi, maka itu kita berikan penghargaan dari Polres Jayapura, tegasnya.

Tentunya, pihak Polres Jayapura terus memberdayakan personil Polwan yang berjumlah sekitar 45 orang di Polres Jayapura dengan berbagai macam kemampuan.

Untuk rekan-rekan yang lain jangan pernah berhenti untuk berbuat kebaikan, yakinlah bahwa setiap yang kita lakukan akan kembali kepada kita. Oleh karena itu, kita tidak hanya berharap kepada Bripka Eka saja melainkan ada srikandi-srikandi Polres Jayapura lainnya yang bisa mengukir prestasi seperti dalam bidang Lalu Lintas, Reserse dan juga bidang Intelijen, pesan Kapolres Jayapura.

Apalagi kedepannya, pihaknya mempunyai konsep untuk menempatkan personil Polwan-polwan, terutama di Polsek-polsek yang jauh dari wilayah perkotaan. Karena melihat perkembangan gangguan kamtibmas terkait dengan kejahatan, yang dilakukan terhadap perempuan dan anak ini juga cukup meningkat saat ini.

Profil Data Diri:

Nama              : Eka Irianingsih Bosta

Pangkat/Nrp  : Bripka/84030596

Tempat, Tanggal lahir : Abepura, 14 Maret 1984

Suku Bangsa   : Sarmi (Papua)

Jabatan            : Bintara Unit Binmas Polsek Nimbokrang-Polres Jayapura

Beberapa prestasi yang berhasl dilakukan oleh Bripka Eka irianingsih Bosta:

-Menerima Penghargaan dari Kapolres Jayapura sebagai Bhabinkamtibmas Polwan Terbaik Polres Jayapura pada bulan maret 2018

-Mampu membentuk FKPM (Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat) di Kampung Nembukrang Sari, Distrik Nimbokrang

-Menjadi pengajar di Sekolah Pelopor Keadilan (SPK) Kampung Nembukrang Sari, Distrik Nimbokrang

-Menjadi pengajar di PADU Ngambe Kampung Nembukrang Sari, Distrik Nimbokrang

-Pembuatan video dokumentasi kegiatan atau aktivitas Bripka Eka I. Bosta yang dikirimkan menjadi salah satu peserta UN International Womens Day sebagai perwakilan Indonesia dengan tema, Time is Now: Rural and Urban Activists Transforming Womens Lives pada bulan Maret 2018

-Kampung Nembukrang Sari sebagai Kampung dampingan dari Bripka Eka I. Bosta mendapat kunjungan dari Duta Besar (Dubes) Belanda pada bulan Mei 2017 dan mendapat apresiasi langsung melalui media sosial atas pencapaiannya Bripka Eka I. Bosta di Kampung Nembukrang Sari, Distrik Nimbokrang. (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here