11 Distrik Wilayah Perbatasan Dengan PNG Giat Rayakan Kemerdekaan RI

0
427
Bupati Keerom, Muh Markum SH, MH, MM, dan Forkompinda Keerom melakukan potong tumpeng dalam rangkaian kegiatan HUT RI di Lapangan Swakarsa, kemarin. (Arif / HPP)
Bupati Keerom, M. Markum, saat diwawancara. (Lea/HPP)

KEEROM (LINTAS PAPUA) –  Peringatan Upacara dalam rangka HUT RI ke-73 dilaksanakan secara meriah di tingkat Kabupaten Keerom. Bahkan sesuai intruksi, 11 distrik yang ada di Keerom juga menggelar upacara bendera di ibukota distrik masing-masing yang merupakan kabupaten yang berbatasan langsung dengan negara tetangga Papua New Guinea (PNG).

Pelaksanaan Upacara kali ini memang nampak semarak, bahkan sejak pagi sekitar pukul 07.00 wit ribuan siswa SD, SLTP, SLTA dan unsur ASN, TNI dan Polri sudah nampak mendatangi lapangan upacara yang berlokasi di Lapangan Sepakbola Swakarsa. Demikian pula tamu undangan dan masyarakat yang hendak menyaksikan secara langsung pelaksanaan detik-detik proklamasi di tingkat Kabupaten Keerom tersebut.

Rangkaian kegiatan diawali dengan peringatan detik-detik proklamasi yang diwarnai sirine dan dentuman. Dilanjutkan pengibaran bendara Merah Putih yang dilakukan dengan baik sekali oleh Paskibra kab Keerom.

Bupati Keerom bertindak selaku Inspektur upacara, pembacaan teks proklamasi oleh Waket I DPRD Keerom, Nahor Sibiar, dan pembacaan UUD-45 oleh Ketua KNPI Keerom, Hans Sumel. Sementara Komandan upacara Lettu Inf. Erwin Nugraha.

Bupati Keerom, Muh. Markum SH, MH, MM, usai upacara mengemukakan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya kegiatan peringatan HUT RI di Kabupaten Keerom yang dilakukan sejak beberapa pekan lalu dengan beragam agenda hingga pelaksanaan upacara HUT RI.

‘’Kami berterimakasih atas dukungan semua pihak baik ASN, TNI dan Polri, pada peringatan HUT RI tahun ini sekaligus kita menyukseskan Asian Games Jakarta-Palembang. Karenanya semua masyarakat hingga tingkat distrik menggelar upacara, disana para asisten menjadi inspektur upacara,’’ujar Bupati kepada wartawan usai upacara, kemarin.

Bupati pada kesempatan tersebut mengemukakan bahwa saat ini Indonesia telah merdeka maka tugas generasi sekarang adalah mengisi dan melestarikan bangsa dan negara ini sampai ke anak cucu.

Sementara di tingkat distrik upacara digelar di masing-masing distrik. Di Arso Barat upacara dilaksanakan di Hal Kantor Kampung Sanggaria dengan inspektur Asisten II, Hulman Sitinjak, sedangkan di Skanto tampil sebagai inspektur, Asisten I, Sucahyo Agung dan di Senggi dibawakan oleh Asisten III, Winoto.  (Arif / Koran Harian Pagi Papua)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here