Panen Perdana Sayur di Distrik Namblong, Kawasan Rumah Pangan Lestari  Makin Dilirik

0
658
Masyarakat Distrik Namblong, Kabupaten Jayapura melakukan Panen perdana sayur Kubis (Kol), Sawi, Kangkung, Tomat & Jagung milik petani lokal atau Orang Asli Papua (OAP) oleh kelompok Tani Sinar Harapan Kampung Hanggay Hamong Distrik Namblong Yang merupakan binaan Dinas Ketahanan Pangan, PKK Kab. Jayapura & Distrik telah berhasil dan dilakukan panen perdana, Selasa (14/8/2018).
Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Jayapura, Ir. Tasrief Thayeb. Irfan/HPP)

SENTANI (LINTAS  PAPUA) – Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) makin dilirik masyarakat Kabupaten Jayapura. Apalagi program yang difokuskan untuk merangsang warga agar dapat menanam sayur dan tanaman pangan lainnya di pekarangan rumah tersebut sudah mulai terlihat jelas hasilnya.

Seperti yang dilakukan oleh puluhan ibu-ibu kelompok Sinar Harapan di Kampung Hanggai Hamong, Distrik Namblong. Di Kampung Hanggai Hamong tersebut bahkan anggota kelompok sudah bisa melakukan panen perdana sayur di tahun 2018 ini.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Jayapura, Ir. Tasrief Thayeb, ketika dikonfirmasi wartawan terkait kegiatan panen perdana sayur oleh kelompok Sinar Harapan, Rabu (15/8/2018) kemarin siang.

Ini baru kali pertama mereka panen sayur. Kebetulan kemarin (Selasa, 14/8 lalu) itu baru panen perdananya dari kelompok Sinar Harapan di Kampung Hanggai Hamong, Distrik Namblong, ujar Tasrief saat ditemui di Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura, Rabu (15/8/2018) siang.

Saat panen perdana sayur pada Selasa (14/8) lalu, kata Tasrief, mereka langsung dijumpai oleh Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Papua, Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Jayapura dan TP-PKK Kabupaten Jayapura.

Adanya keterlibatan TP-PKK dalam panen perdana tersebut, kata Tasrief, dalam program dasa wisma di PKK itu salah satunya merupakan pemanfaatan pekarangan yang terdapat di Pokja III kepengurusan PKK.

Jadi, kita juga memberikan kesempatan kepada TP-PKK untuk membawakan sambutan, sekaligus memulai melakukan panen perdana. Kalau kita disini, setiap kelompok mendapat Rp 50 juta dan langsung mereka kelola sendiri untuk menanam sayur di pekarangan rumah, ujarnya.

Ditambahkan Tasrief, ada enam (6) kelompok yang menggunakan program KRPL di Kabupaten Jayapura, diantaranya Kelompok Sinar Harapan di Kampung Hanggai Hamong, Distrik Namblong, kemudian di Distrik Nimbokrang itu Kelompok Damai, di Yobeh, Distrik Sentani itu nama kelompoknya adalah Nurul Anwar, di Distrik Sentani Timur itu kelompoknya terdapat di Kampung Nendali dan di Distrik Gresi Selatan itu di Iwang serta di Sentani itu ada di Kehiran II.

Pada hari Selasa (14/8) lalu itu baru Kelompok Sinar Harapan yang melakukan panen perdana dan nanti akan menyusul di kelompok-kelompok lainnya untuk panen perdana, jelasnya. (Irfan / Koran Harian Pagi Papua)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here