“Kami Bangga Tiga Kepala Dinas Hadir Dalam Panen Perdana”

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  –  Masyarakat Distrik Namblong, Kabupaten Jayapura melakukan Panen perdana sayur Kubis (Kol), Sawi, Kangkung, Tomat & Jagung milik petani lokal atau Orang Asli Papua (OAP) oleh kelompok Tani Sinar Harapan Kampung Hanggay Hamong Distrik Namblong Yang merupakan binaan Dinas Ketahanan Pangan, PKK Kab. Jayapura & Distrik telah berhasil dan dilakukan panen perdana, Selasa (14/8/2018).

 

Hal ini disampaikan Kepala Distrik Namblong, Budi Prodjonegoro Yokhu, S.STP., sekaligus mengaku sangat bangga dengan hasil panen perdana dihadiri dihadiri langsung oleh tiga Kepala Dinas yakni Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Papua,  Ir. Robert Purwoko, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kab. Jayapura Ir. Tasrief dan Kepala Dinas Pertanian Kab. Jayapura Ir. Adolf Yoku.

 

“Kami mewakili pemerintah dan masyarakat Distrik Namblong bangga dan mengucapkan terima kasih atas komitmen dalam membangun dan mengembangkan pertanian dalam memenuhi kebutuhan pangan keluarga dan juga bernilai ekonomis guna meningkatkan pendapatan masyarakat. Kelompok binaan Sinar Harapan ini telah memberikan inspirasi buat kita semua bagaimana pola dan pendekatan pembinaan terhadap para petani lokal yang memiliki karakteristik yang unik sehingga perlu dilakukan penanganan khusus,” ujar Budi Prodjonegoro Yokhu, dalam laman facebooknya.

Disampaikan, bahwa mengingat inisiatif ini bersumber dari bawah masyarakat sendiri,  sehingga pemerintah berperan sebagai pengarah dan rutin memberikan pembinaan terhadap para petani secara teknis oleh PPL dilapangan.

“Oleh karena itu kami dari pemerintah Distrik mendorong kampung Hanggay Hamong menjadi Kampung penghasil sayur – sayuran  khusus penghasil utama sayur Kangkung, Bayam, Sawi & Kol/ Kubis dengan target minimal mampu menyediakan kebutuhan sayuran di dataran Grime,” tuturnya.

Diakui, pihaknya terus berupaya agar tiap kampung memiliki keunikan tersendiri guna memberikan maanfaat ekonomis bagi masyarakat dan kampung sebagai daya tarik wisatawan berbondong – bondong datang ke kampung karena keunikannya tersebut.

“Pada acara panen perdana INI juga dilakukan penyerahan satu unit Hand Tractor oleh Dinas Pertanian Kabupaten Jayapura kepada kelompok tani Sinar Harapan Kampung Hanggay Hamong Distrik Namblong,” tandasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Budi Prodjonegoro Yokhu  menyampaikan terimakasih kepada Ketua PKK Jayapura, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Papua dan Kabupaten Jayapura serta Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Jayapura dan Kepala Tani Sinar Harapan, PPL Distrik Namblong dan Kepala Kampung Hanggay Hamong dan Masyarakat Distrik Namblong,” tuturnya. (ej)