Peringati Hari Jadinya ke-54, Yonif RK 751 Gelar Kirab dan Penjemasan

0
435
Selain memperingati HUT RI, pembentangan bendera merah putih ukuran 120 x 80 meter ini juga dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT Yonif RK 751/VJS ke-54 tahun 2018 yang tiap tahun diperingati pada tangga 12 Agustus. Dibuka oleh Wakil Bupati (Wabup) Jayapura Giri Wijayantoro, tepat pukul 10.00 WIT, 500 orang terdiri dari anggota TNI dari berbagai kesatuan di Jayapura, kemudian dari pihak Polri seperti Satuan Brimob Daerah Papua dan Polres Jayapura. (Irfan/HPP)

SENTANI (LINTAS PAPUA) – Batalyon Infanteri (Yonif) Raider Khusus (RK) 751/VJS menggelar Kirab Tunggul dalam rangka memperingati hari jadinya ke-54,  yang tiap tahun diperingati pada tanggal 12 Agustus 2018.

 

Kirab yang mengambil titik start dari Kesatrian Yonif RK 751/VJS menuju ke pertigaan SMPN 1 Sentani dan finish juga di Kesatrian Yonif RK 751/VJS, Kota Sentani, Kabupaten Jayapura, Sabtu (11/8/2018) sore pekan lalu.

Komandan Batalyon Infanteri (Danyonif) Raider Khusus (RK) 751/VJS, Letkol Inf. Tunggul Jati, beserta seluruh perwira dan prajurit Yoif RK 751/VJS terlibat dlama kegiatan kirab tersebut.

 

Kegiatan yang dimulai dengan upacara dan acara tradisi ini dipimpin Danyonif RK 751/VJS, Letkol Inf. Tunggul Jati. Dalam kirab ini diikuti seluruh personil dari berbagai kecabangan yang ada di dalam Yonif RK 751/VJS.

 

Danyonif Raider Khusus 751/VJS, Letkol Inf. Tunggul Jati menjelaskan, peringatan HUT Yonif RK 751/VJS ke-54 yang jatuh pada tanggal 12 Agustus 2018, pihaknya ingin menunjukkan eksistensi keberadaan dari Yonif RK 751/VJS kepada masyarakat di Kabupaten Jayapura, khususnya di Kota Sentani.

 

“Kami melaksanakan kirab ini dengan tujuan ingin memberitahukan eksistensi kepada masyarakat di Kabupaten Jayapura, khususnya di Kota Sentani, bahwa kita menunjukkan eksistensi keberadaan kita ada di daerah ini,” jelas Letkol Inf. Tunggul Jati dalam rilis persnya yang dibagikan melalui Humas Yonif RK 751/VJS kepada wartawan harian ini via pesan WhatssApp (WA), Minggu (12/8/2018) malam lalu.

 

Dikatakan, peringatan hari jadi Yonif RK 751/VJS yang ke-54 tahun 2018 ini digelar dengan maksud, agar masyarakat Sentani secara bersama-sama juga mempunyai rasa bangga dengan adanya Kesatuan Yonif RK 751/VJS ini.

 

“Jadi, kirab ini merupakan tradisi Kesatuan yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya kita gelar dengan tujuan, untuk memberikan hiburan kepada masyarakat dan juga sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah S.W.T. Dengan demikian, terjadi hubungan yang baik antara TNI, khususnya Yonif 751 dengan masyarakat khususnya di Kota Sentani dan umumnya kepada masyarakat di Provinsi Papua,” katanya.

 

“Kita berharap keberadaan Kesatuan ini mempunyai makna dan arti serta bermanfaat buat masyarakat di daerah ini, terutama disekitar Kesatrian Yonif RK 751/VJS,” harap Danyon Tunggul Jati.

 

Sekedar diketahui puncak acara HUT Yonif RK 751/VJS ke-54 tahun 2018 ini diakhiri dengan kegiatan Penjemasan Tunggul-tunggul Satuan dan juga Bendera Perang. Serta ada dua bendera tunggul yang dijamas yakni, Bendera Vira Jaya Sakti dan Bendera Raider yang dilakukan oleh seluruh perwira, perwakilan Bintara dan perwakilan Tantama. (Irfan / Koran Harian Pagi Papua)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here