Penggiat Lingkungan, Abdel Gamel Naser bersama Direktur WWF Indonesia program Papua Benja Mambai (tengah) dan penyelenggara event ketika proses pemberian sertifikat. (ISTIMEWA)

JAYAPURA (LINTAS  PAPUA)   –  Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Republik Indonesia, Forum Komunitas Jayapura (FKJ) yang didalamnya tergabung berbagai komunitas di Kota Jayapura dan sekitarnya, berinisiatif untuk menggelar upacara bendera merah putih di Hutan Manggrove Hanyaan-Entrop Distrik Jayapura Selatan, pada 17 Agustus 2018 mendatang.

Penanggung jawab kegiatan, Abdel Gamel Naser  mengatakan FKJ merupakan wadah komunikasi, kolaborasi dan kreatifitas komunitas-komunitas di Kota Jayapura dan sekitarnya. Sehingga upacara yang direncanakan FKJ itu tidak biasa dilakukan diatas permukaan air.

“Upacara bendera merah putih akan dilakukan dipermukaan laut dengan menggunakan rakit yang dibuat dari bahan alam dan bahan bekas seperti botol plastik dan jeregen bekas,” ucapnya dalam siaran pers yang diterima HPP, Selasa kemarin.

Sesuai tanggal 17-8-1945, HUT ke-73 RI, Gamel menjelaskan kegiatan itu direncanakan menghadirkan 45 peserta, menggunakan 8 rakit yang dibantu dengan perahu bantuan pengaman, menggunakan 17 dayung yang membantu rakit menuju lokasi upacara, serta 73 tiangbambu bendera merah putih yang akan mengelilingi atau menghiasi upacara bendera tersebut, yang kemudian terpisah dari bendera merah putih utama.

Menurutnya, persiapan dilakukan sangat luar biasa dan menggandeng beberapa relawan dan instansi dalam proses pelaksanaan upacara di Hutan Manggrove, dan akhirnya FKJ berharap akan menjadi sebuah sejarah baru Upacara Bendera di Kota Jayapura sebagai ibukota Provinsi Papua.

Ditambahkannya, upacara bendera akan dilakukan pada pukul 08.45-10.00 WIT, dilanjutkan dengan pembacaan puisi. Kemudian bagi peserta upacara diwajibkan memakai kemeja warna putih dan celana panjang hitam, atau rok hitam bagi wanita.

Adapun kegiatan tersebut didukung dari berbagai pihak terutama yang telah membantu seperti Lantamal X, BPBD, Basarnas dan peran dari anggota FKJ, serta partisipasi relawan dan simpatisan. (Elsye Sanyi / Koran Harian Pagi Papua)