1.070 Siswa SMAN 1 Sentani Dilibatkan dalam Pawai Kerukunan Merah Putih

0
467

Suasana Panitia Peringatan HUT ke-73 RI Tingkat Kabupaten Jayapura, yang dilepas secara resmi oleh Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, S.E., M.Si, dengan mengambil start dari Lapangan Upacara Kantor Bupati Jayapura dan finish di Lapangan Theys H. Eluay.

SENTANI (LINTAS PAPUA) –  Siswa-siswi dari SMA Negeri 1 Sentani dilibatkan untuk menyemarakkan pawai kerukunan merah putih yang diselenggarakan oleh Pemeirntah Kabupaten (Pemkab) Jayapura.

 

Dalam hal ini Panitia Peringatan HUT ke-73 RI Tingkat Kabupaten Jayapura, yang dilepas secara resmi oleh Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, S.E., M.Si, dengan mengambil start dari Lapangan Upacara Kantor Bupati Jayapura dan finish di Lapangan Theys H. Eluay.

 

Setidaknya dikabarkan ada sekitar 1.070 siswa-siswi SMAN 1 Sentani yang ikut dalam pawai kerukunan merah putih, berbaris beriringan ikut dalam rombongan pawai dari Lapangan Upacara Kantor Bupati Jayapura menuju Lapangan Alm. Theys H. Eluay.

 

Sisswa-siswi tersebut, selain ikut dalam rombongan pawai mengenakan seragam yang menjadi ciri khas sekolah mereka, ada juga yang mengenakan kostum drum band, pakaian adat nusantara dan pakaian profesi.

Kepala SMA Negeri 1 Sentani, Agnes Anetha Mambieuw Hikoyabi, S.Pd., saat diwawancara. (Irfan / HPP)

Kepala SMAN 1 Sentani, Agnes Anetha Mambieuw Hikoyabi, S.Pd, mengatakan, kegiatan pawai kerukunan merah putih dalam rangka merayakan HUT Kemerdekaan RI ke-73 tahun 2018 yang diselenggarakan oleh panitia peringatan HUT RI tingkat Kabupaten Jayapura ini, dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat dalam hal ini tidak ketinggalan juga seluruh pelajar yang ada di Kabupaten Jayapura, khususnya di Kota Sentani.

 

“Kami dari SMAN 1 Sentani awalnya berharap bisa mengirim seluruh siswa yang berjumlah 1.215 orang itu untuk terlibat dalam pawai kerukunan merah putih hari ini (kemarin). Namun setelah kami melakukan pendataan terakhir, ternyata yang hadir hanya 1.070 orang,” kata Agnes saat ditemui dilokasi finish pawai kerukunan merah putih di Lapangan Alm. Theys H. Eluay, Selasa (14/8/2018) sore.

 

Dengan terlibatnya mereka ikut berpartisipasi dalam kegiatan pawai kerukunan merah putih dengan berbagai pakaian dan juga kostum yang mereka kenakan itu, para siswa sebagai generasi muda bisa memaknai kegiatan tersebut, dengan menumbuhkembangkan semangat kebhinnekaan dan juga menjaga kerukunan antarumat.

Harapannya, dapat menumbuhkan semangat perjuangan para pendahulu bangsa kita kepada siswa-siswi kami sebagai generasi muda bangsa yang ada di daerah ini, katanya.

 

Siswa-siswi SMAN 1 Sentani ini terbagi dalam beberapa tim kelompok yakni, tim drum band, tim merah putih, tim yang mengenakan pakaian adat nusnatara dan tim yang mengenakan pakaian profesi.

 

“Jadi, sekitar 1.070 siswa-siswi ini kami bagi dalam empat tim. Ada siswa-siswi SMAN 1 Sentani memainkan drum band, ada juga siswa-siswi yang mengenakan pakaian merah putih, kemudian ada yang mengenakan pakaian adat nusantara dan pakaian profesi, paparnya.

 

 

Dirinya berharap, seluruh siswa SMAN 1 Sentani yang berjumlah 1.215 itu bisa ikut terlibat, namun Puji Syukur yang hadir hanya 1.070 siswa ikut memeriahkan pawai kerukunan merah putih. Barisan dari siswa-siswi SMAN 1 Sentani berjumlah 1.070 yang ikut terlibat itu merupakan barisan terpanjang dalam kegiatan pawai tersebut. (Irfan /  Koran Harian Pagi Papua)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here