Warga Khenambai Umbai  Diimbau Gelorakan Semangat Kemerdekaan

0
88
Memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-73, Batalyon Infanteri (Yonif) Raider Khusus (RK) 751/VJS membentangkan bendera merah putih raksasa di Gunung Cycloop. Bendera berukuran 120 x 80 meter tersebut dibentangkan tepat di Bukit Rindam XVII/Cenderawasih, Ifar Gunung, Kota Sentani, Kabupaten Jayapura, Kamis (10/8/2018) pagi. (Irfan / HPP)
Wakil Bupati (Wabup) Jayapura, Giri Wijayantoro. (Irfan/ HPP)

SENTANI (LINTAS PAPUA)  –  Wakil Bupati (Wabup) Jayapura, Giri Wijayantoro mengajak seluruh warga Kabupaten Jayapura untuk menggelorakan semangat kemerdekaan.

Pernyataan Wabup Giri ini disampaikan usai pelepasan peserta pengibaran bendera Merah Putih, di Lapangan Upacara Mako Yonif Raider Khusus (RK) 751/VJS dalam rangka memperingati HUT ke-73 RI dan HUT ke-54 Yonif RK 751/VJS, Kamis (9/8/2018) pagi.

 

“Dikarenakan semua pembangunan yang telah, sedang dan akan dinikmati adalah hasil daripada kemerdekaan,” katanya.

Lanjut Wabup Giri menyebutkan, gelorakan semangat kemerdekaan dengan cara-cara yang praktis, seperti pengibaran bendera Merah Putih di  halaman rumah warga, pemasangan umbul-umbul bernuansa kemerdekaan di sarana-sarana publik baik distrik dan di kampung/kelurahan.

Wabup Giri menuturkan, sejumlah perlombaan yang di selenggarakan oleh Panitia HUT Kemerdekaan RI yang ke- 73 tahun 2018 ini juga adalah bagian dari upaya menggelorakan semangat kemerdekaan. Sebab itu, warga kampug dapat mengikuti perlombaan-perlombaan tersebut.

“Seperti perlombaan bola volly yang diselenggarakan oleh panitia dan di ikuti oleh klub-klub bola volly dari kampung-kampung telah menyemarakkan dan menggelorakan semngat kemerdekaan. Selain itu, ada lomba-lomba dan bhakti sosial yang di lakukan di distrik atau kampung atas inisiatif pemerintah kampung dan distrik perlu mendapat respon dari warga,” tuturnya.

Selain memperingati HUT RI, pembentangan bendera merah putih ukuran 120 x 80 meter ini juga dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT Yonif RK 751/VJS ke-54 tahun 2018 yang tiap tahun diperingati pada tangga 12 Agustus.
Dibuka oleh Wakil Bupati (Wabup) Jayapura Giri Wijayantoro, tepat pukul 10.00 WIT, 500 orang terdiri dari anggota TNI dari berbagai kesatuan di Jayapura, kemudian dari pihak Polri seperti Satuan Brimob Daerah Papua dan Polres Jayapura. (Irfan/HPP)

Melalui semarak kemerdekaan dengan bergagai kegiatan, kata Wabup Giri, akan tercipta suasana kebersamaan sebagai anak-anak bangsa dalam satu kesatuan sebagai masyarakat madani.

 

 

Masyarakat yang terdiri dari berbagai suku namun dapat menjadi satu bangsa yakni, Bangsa Indonesia dan hidup di Kabupaten Jayapura.

Diharapkan, sikap toleransi antar umat beragama, antar suku, ras dan golongan yang telah terjalin baik selama ini di Kabupaten Jayapura hendaknya di perlihara dan lebih di tingkatkan, guna menunjukan kepada daerah lain bahwa Kabupaten Jayapura adalah kabupaten yang memiliki tingkat toleransi yang tinggi.

 

 

“Selain itu, Kabupaten Jayapura juga hendaknya kita jadikan sebagai rumah kita bersama. Melalui semangat kemerdekaan kita tingkatkan, rasa saling menghargai, menghormati terhadap sesama kita sebagai satu kesatuan yang tidak bisa di pisahkan,” tandasnya. . (Irfan / Koran Harian Pagi Papua)