Jokowi – Ma’ruf Amin : Poin Pidato Capres Joko Widodo di Gedung Djoang 1945

0
146

  1. Bismillahirrahmanirrahim, Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh. Salam Sejahtera Bagi Kita Semua, Om Swastyastu. Namo Buddhaya. Salam Kebajikan. Selamat pagi.

 

  1. Saya dan Pak Kyai Ma’ruf Amin mendaftar ke KPU, berangkat dari Gedung Djoang 45. Mengapa?

 

  1. Dimasa lalu, Gedung Djoang 45 menjadi tempat pembinaan politik untuk para pemuda pejuang antara lain Bung Karno, Bung Hatta, Adam Malik, dll

 

  1. Gedung Djoang 45 mewakili semangat perjuangan para pemuda yang menyala, untuk merebut dan mempertahankan kemerdekaan.

 

  1. Karena itu, kami memilih Gedong Djoang ’45 sebagai titik awal memulai perjalanan perubahan untuk memenuhi janji kemerdekaan.

 

  1. Kami ingin meneruskan jalan perubahan yang telah dimulai pada 4 tahun lalu, yakni perjalanan menuju Indonesia Maju.

 

  1. Dalam 4 tahun ini, atas pertolongan Allah kita telah melakukan lompatan kemajuan, dan meletakan fondasi yang lebih kokoh untuk bergerak lebih maju, cepat, dan kuat lagi ke depan.

 

  1. Saya yakin Kyai Ma’ruf Amin adalah figur yang tepat untuk mendampingi saya, dalam melanjutkan perubahan tersebut.

 

  1. Kiai Ma’ruf sosok yang utuh, ulama yang bijaksana, dan dihormati. Punya lengkap. Pernah duduk di Lembaga legislatif, dan pernah menjadi anggota Wantimpres.

 

  1. Kiai Ma’ruf berpandangan sama dengan saya, bahwa kita harus mengatasi masalah kemiskinan dan kesenjangan dengan memperkuat ekonomi umat.

 

  1. Kita harus jadi contoh bagi negara-negara muslim lainnya, untuk menyebarkan Islam yang Wasathiyyah, Islam yang menjadi rahmat bagi alam semesta.

 

  1. Kyai Ma’ruf Amin juga menekankan pentingnya arti Pancasila bagi kita semua. Pancasila sebagai dasar negara dan pemersatu bangsa

 

  1. Bersama Kyai Ma’ruf, saya tetap istiqomah mewujudkan Indonesia Maju yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian

 

  1. Kita telah merintis jalan agar setiap manusia Indonesia bisa menjadi manusia Indonesia yang maju, unggul, dan sejahtera. Unggul tapi berkepribadian bangsa dan berakhlak mulia.

 

  1. Kita ingin meneruskan apa yang telah kita kerjakan dalam 4 tahun ini, agar warga di perbatasan, di pulau terluar, dan kawasan terbelakang merasakan buah kemerdekaan.

 

  1. Kita ingin membuat warga dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote… merasa bangga menjadi Bangsa Indonesia.

 

  1. Kita wujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Kita lanjutkan pemerataan pembangunan yang berkeadilan, sehingga 40 persen lapisan masyarakat terbawah juga mendapatkan.

 

  1. Kita jaga kedaulatan, kekayaan sumber daya alam.Pengambilalihan Blok Rokan, Blok Mahakam, dan mayoritas saham Freeport adalah bukti bahwa kita berdaulat. Kita gunakan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat.

 

  1. Apa yang kita kerjakan empat tahun ini adalah bukti, bukan fiksi

 

  1. Inilah fondasi yang sudah terbangun. Yang perlu disambung, diteruskan, dan dilanjutkan.

 

  1. Semoga Allah SWT selalu meridlai perjalanan kita bersama untuk mentransformasi Indonesia menuju negara maju. Terima kasih. Wassalam.