Gubernur Soedarmo dan Rombongan Tiba di Korowai,  Perintahkan Tutup Penambangan Ilegal

0
1068
Rombongan Forkopimda Papua, diantaranya Penjabat Gubernur Papua, Soedarmo, Panglima Kodam (Pangdam) XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI George Elnadus Supit dan Kapolda Papua, Irjen.Pol.Drs. Boy Rafli Amar, dan sejumlah anggota DPR Papua, Boy Dawir, Laurenzus Kadepa dan Yonas Nussy saat foto bersama di Bandara Tanah Merah sebelum bertolak menuju Korowai. (Foto Pribadi Anggota Komisi I DPR Papua, Laurenzus Kadepa )
Anggota Komisi I DPR Papua, Laurenzus Kadepa, bersama Kapolda dan Ketua FKUB Papua, Pdt. Lipiyus Biniluk bersama rombongan lainnya dalam helikopter menuju Korowai. (Foto Pribadi LK)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  –  Anggota Komisi I DPR Papua, Laurenzus Kadepa mengatakan dirinya bersama rombongan Forkopimda Papua, diantaranya Penjabat  Gubernur Papua, Soedarmo, Panglima Kodam (Pangdam) XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI George Elnadus Supit dan Kapolda Papua, Irjen.Pol.Drs. Boy Rafli Amar, dan sejumlah anggota DPR Papua,   telah melakukan kunjungan kerja ke Korowai hari ini Jumat, tanggal 10 Agustus 2018.

 

Memang sangat prihatin setelah melihat langsung Kondisi yang terjadi lapangan ( Korowai ) maka kami DPRP sangat mendukung langkah pemerintah Provinsi Papua menutup aktivitas penambangan ilegal.

 

“Pendulangan Ilegal di Koroway dan diwilayah lain di Papua” terhitung hari ini “TUTUP”,” kata Pejabat Gubernur Papua, Soedarmo, yang ditirukan Wakil Rakyat Papua ini.

Lebih lanjut, dirinya  menuturkan apa yang disampaikan Pangdam XVII/ Cenderawasih, yakni menegaskan, bahwa  hampir semua usaha pertambangan yang sedang beroperasi di Provinsi Papua adalah ilegal. Tidak memiliki ijin.

Caption Foto : Situasi Kamp – Kamp Warga Para Penambang Ilegal yang dilihat dari ketinggian pesawat. (Foto Pribadi Laurenzus Kadepa)

“Ssemua usaha pertambangan yang sedang beroperasi di Provinsi Papua adalah ilegal. Tidak memiliki ijin,” ujar Pangdam XVII/ Cenderawasih.

Melihat komitmen dan keseriusan pemerintah menanggapi situasi yang telah menjadi perhatian masyarakat, Anggota Komisi I DPR Papua, Laurenzus Kadepa memberikan apresiasi kepada Penjabat  Gubernur Papua, Pangdam Cenderawasih , Kapolda Papua.

“Saya apresiasi dan hormat kepada yang terhormat, Penjabat  Gubernur Papua, Pangdam Cenderawasih , Kapolda Papua yang sudah ambil sikap tegas ini. Ini sikap bijaksana yang diambil pemimpin. Mari dukung mereka untuk mewujudkan tujuan mulia ini,” ujar Anggota Komisi I DPR Papua, Laurenzus Kadepa, kepada LintasPapua.com , di Jayapura, Jumat ( 10/8/2018). (Eveerth Joumilena)