Bendera Merah Putih Raksasa  Berkibar  di Gunung Cycloop

0
131

Yonif 751 Bentangkan Bendera Merah Putih Raksasa di Cycloop

SENTANI (LINTAS  PAPUA) –  Memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-73, Batalyon Infanteri (Yonif) Raider Khusus (RK) 751/VJS membentangkan bendera merah putih raksasa di Gunung Cycloop. Bendera berukuran 120 x 80 meter tersebut dibentangkan tepat di Bukit Rindam XVII/Cenderawasih, Ifar Gunung, Kota Sentani, Kabupaten Jayapura, Kamis (10/8/2018) pagi.

Selain memperingati HUT RI, pembentangan bendera merah putih ukuran 120 x 80 meter ini juga dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT Yonif RK 751/VJS ke-54 tahun 2018 yang tiap tahun diperingati pada tangga 12 Agustus.

Dibuka oleh Wakil Bupati (Wabup) Jayapura Giri Wijayantoro, tepat pukul 10.00 WIT, 500 orang terdiri dari anggota TNI dari berbagai kesatuan di Jayapura, kemudian dari pihak Polri seperti Satuan Brimob Daerah Papua dan Polres Jayapura.

Juga melibatkan komunitas klub mobil maupun motor seperti Toyota Land Cruiser Jayapura, Hartop, Vespa dan anggota RAPI serta siswa-siswi dari SMAN 1 Sentani dan masyarakat sekitar berhasil membentangkan bendera. Tak butuh waktu lama, hanya sekitar 10 menit bendera tersebut berhasil dibentangkan.

Kita ini dari Sabang sampai Merauke adalah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Walaupun mempunyai keanekaragaman bahasa, suku dan agama. Tapi, kita tetap bersatu karena kita dipersatukan oleh Bahasa Indonesia sebagai bahasa pemersatu bangsa, kata Wakil Bupati (Wabup) Jayapura Giri Wijayantoro dalam arahannya pada pelepasan peserta pembentangan bendera merah putih, Lapangan Upacara Mako Yonif RK 751/VJS, Kota Sentani, Kamis (9/8/2018) pagi.

Memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-73, Batalyon Infanteri (Yonif) Raider Khusus (RK) 751/VJS membentangkan bendera merah putih raksasa di Gunung Cycloop. Bendera berukuran 120 x 80 meter tersebut dibentangkan tepat di Bukit Rindam XVII/Cenderawasih, Ifar Gunung, Kota Sentani, Kabupaten Jayapura, Kamis (10/8/2018) pagi. (Irfan / HPP)

Lanjut kata Wabup Giri, Negara Indonesia ini negara yang kuat, dan bukan negara yang bermental tempe. Kalau negara lain memperoleh kemerdekaan merupakan hadiah (pemberian). Kalau kita memperoleh kemerdekaan dengan merebut kemerdekaan, sehingga tugas kita sekarang ini hanya mengisi kemerdekaan dan harus semangat, katanya.

Komandan Batalyon Infanteri (Danyonif) 751 RK 751/VJS, Letkol Inf. Tunggul Jati mengungkapkan, pembentangan bendera merah putih terbesar ini untuk memeriahkan perayaan kemerdekaan RI ke-73.

“Kami sebagai generasi muda ingin ikut ambil bagian dalam perayaan hari kemerdekaan kita yang ke-73. Selain itu, di bulan Agustus ini bertepatan juga dengan hari jadinya Batalyon (Yonif 751) kita yang ke-54 pada tanggal 12 Agustus nanti,” ujar Danyon Tunggul Jati.  ketika ditanya wartawan usai pembentangan bendera merah putih raksasa di Mako Yonif RK 751/VJS, Kamis (9/8) siang.

Menurutnya, pembentangan bendera merah putih terbesar yang diprakarsai oleh Yonif RK 751/VJS itu merupakan simbol bagi generasi muda, yang siap mempertahankan dan juga mengisi kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ini dengan cara melakukan kerja-kerja nyata.

“Kami melibatkan seluruh komponen masyarakat, baik dari Pemda Kabupaten Jayapura, juga dari pihak Kepolisian dalam hal ini Satuan Brimob Daerah Papua dan Polres Jayapura, anggota TNI dengan melibatkan semua badan atau instansi di militer khususnya TNI AD yang ada di Jayapura, juga kita melibatkan dari TNI AU, TNI AL, anggota RAPI dan Basarnas Jayapura, untuk bersama-sama melakukan pembentangan bendera merah putih raksasa ini,”  tuturnya.

#

Selain itu juga, ada teman-teman dari klub mobil maupun motor yang ada di Jayapura seperti Toyota Land Cruiser, komunitas off road, komunitas motor Vespa dan siswa-siswi dari SMAN 1 Sentani serta masyarakat di Kabupaten Jayapura yang kita undang untuk ikut berperan serta dalam kegiatan pembentangan bendera merah putih terbesar ini, tambahnya.

Harapannya, sebagai generasi muda Papua khususnya di Kabupaten Jayapura agar ikut menjaga dan juga mengisi kemerdekaan ini. Supaya kedamaian yang ada di tempat tinggal kita ini selalu terjaga serta dapat menjaga dan mengawal pembangunan di Papua, sehingga semakin hari tempat tinggal yang kita cintai ini semakin terasa pembangunannya dan juga dapat meningkat kesejahteraannya, tandas Letkol Inf. Tunggul Jati.

Rangkaian acara pembentangan bendera merah putih ukuran 120 x 80 meter ini diakhiri dengan atraksi pagelaran budaya di sekitar monument Mac Arthur.

Sekedar diketahui kegiatan pembentangan bendera merah putih raksasa ini juga dihadiri Dansat Brimob Polda Papua Kombes J. Runtini, Kapolres Jayapura AKBP Victor Dean Mackbon, S.H., S.IK, M.H., M.Si, Asisten I Bidang Pemerintahan Umum Setda Kabupaten Jayapura Abdul Rahman Basri, S.Sos, M.KP., perwakilan Marinir Lertda Mar. Syai dan perwakilan komunitas klub mobil Toyota Land Cruiser Jayapura Rudolf Baker. (Irfan / Koran Harian Pagi Papua)