Pemprov Papua, TNI/Polri Donor Darah Sambut HUT RI Hasilkan 400 Kantong

0
164
onor darah dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan ke-73 Republik Indonesia, di Terminal Taman Mesran Kota Jayapura, Rabu pagi. (Erwin / HPP)

JAYAPURA (LINTAS  PAPUA) – Pemerintah Provinsi Papua bekerja sama dengan anggota TNI/Polri menggelar kegiatan bakti sosial, donor darah dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan ke-73 Republik Indonesia (RI).

Dari aksi yang dikoordinir panitia dari seksi bakti sosial, Rabu (8/8) pagi, kegiatan donor darah di Terminal Taman Mesran Kota Jayapura, terkumpul lebih dari 400 kantong.

Hal demikian disampaikan Wakil Koordinator Seksi Bakti Sosial, Mayor Inf. Cristian Ireeuw, disela-sela kegiatan bakti sosial donor darah tersebut.

Dia menyayangkan minimnya partisipasi masyarakat dalam kegiatan sosial tersebut. Dimana kegiatan itu lebih banyak diikuti pihak TNI/Polri maupun ASN dengan target 500 orang.

“Intinya kegiatan ini melibatkan pihak TNI/Polri juga ASN. Sehingga mungkin masyarakat salah kaprah dan mengira bahwa kegiatan donor darah itu tidak dibuka secara umum. Yang pasti ini merupakan kegiatan menyambut HUT RI bukan HUT TNI,”tegasnya.

Dia tambahkan, kantong darah yang dikumpulkan selanjutkan akan dibawa ke Kantor PMI Jayapura untuk kemudian didistribuskan ke setiap rumah sakit yang membutuhkan.

Sementara selain kegiatan donor darah, sehari sebelumnya (7 agustus 2018), pihaknya telah melakukan curve (kerja bakti) membersihkan Taman Makam Pahlawan. Sementara pada Kamis (9/8), pihaknya akan melakukan anjangsana ke rumah keluarga empat pahlawan Papua yang berjasa membawa bumi cenderawasih kembali ke pangkuan NKRI dari tangan Belanda.

“Yang pasti anjangsana ini sangat penting sebab sebagai penghormatan kita kepada empat pahlawan Papua, yaitu Silas Papare, Frans Kaisiepo, Marthen Indey dan Yohanes Dimara,” pungkasnya. (Erwin / Koran Harian Pagi Papua)