Kemeriahan HUT RI, Digelar Lomba Dayung Tradisional di Teluk Yotefa

0
102
Sejumlah peserta lomba dayung tradisional di Teluk Youtefa. (ISTIMEWA/ HPP)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Banyak cara untuk memaknai hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke  – 73, salah satunya yakni lomba dayung tradisional yang di prakarsai oleh Instansi Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Jayapura.

 

“Lomba ini diikuti sebanyak 63 tim untuk memberikan persatuan, kesatuan dan kebersamaan antara pemerintah dan masyarakat,” kata Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano sekaligus membuka secara resmi ajang kegiatan.

 

Lomba dayung tradisional dipusatkan di Teluk Youtefa, yang diikuti beregu, solo, ganda dan star di Pulau Metudebi, Kampung Enggros.

 

“Mari kita menjaga keindahan, kebersihan dan kedamaian. Lomba ini sebagai bentuk mempromosikan lomba dayung pada PON 2020 di Papua,” kata Benhur Tomi Mano.

 

Dalam lomba dayung tersebut tetap mempertahankan kearifan serta tradisi warga kota Jayapura yang sebagian besar juga sebagai nelayan yang terkenal menggunakan perahu dengan semang satu.

Sekretaris lomba John Haay mengatakan, perahu yang digunakan jenis perahu semang satu.

 

“Beregu 5 orang putera 21, regu putri 12, ganda putra 19, putri 15. Jarak dari star hingga finis 200 meter,” kata John.

 

Nampak warga masyarakat yang menonton sangat ramai dengan memadati bibir teluk sambil meneriakan yel-yel memberikan dukungan bagi peserta lomba. (AB / Koran Harian Pagi Papua)