Festival Crossborder di Skouw  :  Kolaborasi RI – PNG Tingkatkan Kesejahteraan Warga

0
159
Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano, bersama jajaran Muspida saat membuka Festival Crossborder di Skouw. (ISTIMEWA)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA ) – Pelaksanaan Festival di Batas Negara antara RI-PNG di Skouw yang berlangsung Selasa (7/8/2018) kemarin sebagai ajang kolaborasi seni dua negara untuk mengangkat kesejahteraan warga masyarakat.

 

Wali Kota Jayapura, DR. Benhur Tomi Mano, MM., bersama unsur Muspida bersama, instansi teknis terkait di Papua Nuigini, secara resmi membuka Festival Crossborder di Skouw, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura.

 

“Ini merupakan kegiatan yang luar biasa. Kami ingin memajukan devisa nasional dan mengakat kesejahteraan warga di sekitar perbatasan,” kata Wali Kota Jayapura BTM.

 

Festival Crossborder dilaksanakan dari 7-9 Agustus 2018, yang dimeriahkan Marapu Band, Dave Solusion, EPO DXH Crew, Mixmate Band (PNG), Vanimo Natibes (PNG), Skouw Got Talent, Tradisional Dances, Gemas, Bazaar dan lain-lain.

 

“Festival ini sebagai bentuk persahabatan serta memadukan kedua negara sebagai satu kesatuan yang berimbas pada kemajuan menjaga seni budaya keduanya untuk mendukung sector kepariwisataan,” katanya.

 

Festival crossborder Skouw dengan tema Untuk Negeriku, kata Benhur, menciptakan daerah yang aman dan damai untuk semua orang untuk menikmati daerah perbatasan yang indah.

 

Sementara itu, Gubernur Papua melalui Staf Ahlinya, Simon Itlay mengatakan festival crossborder banyak memberikan manfaatnya, yaitu memajukan pariwisata.

“Selama ini banyak warga PNG yang datang berbelanja di pasar Skouw karena harga yang ditawarkan lebih murah,” kata Simon.

 

Pada festival kali ini, Kementerian Pariwisata Indonesia menghadirkan UMKM binaan Kabupaten dan Kota Jayapura.  (AB/  KORAN HARIAN PAGI PAPUA)