Pemprov  Papua Usulkan Dana Infrastruktur  untuk Venue PON XX 2020

0
96
Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Provinsi Papua, Yusuf Yambe Yabdi. (Erwin / HPP)
PB PON XX 2020, Mengeluarkan SURAT KEPUTUSAN Pembanguna STADION UTAMA KAMPUNG HARAPAN, tahap berikut PB PON XX 2020 menetapkan MASKOT LOGO JINGGEL, setelah itu Pembentukan SUB PB PON XX 2020, di 6 wilayah Pelaksanaan PON XX 2020, Semua itu harus di legalitas kan demi kelancaran persiapannya, PAPUA BISA, PAPUA SIAP, PAPUA JUARA. (Sumber Gustaf Pui, Petinggi PB PON XX 2020)

JAYAPURA (LINTAS  PAPUA)  –  Pemerintah Provinsi Papua melalui penjabat Gubernur Soedarmo telah menyurati Presiden Jokowi agar mengalihkan anggaran infrastruktur Otonomi Khusus (Otsus) 2019 senilai Rp1,8 triliun, untuk keperluan pembayaran pembangunan venue pekan olahraga nasional (PON).

Menurut Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Provinsi Papua, Yusuf Yambe Yabdi, upaya tersebut dilakukan dalam rangka mensukseskan persiapan pelaksanaan PON di Papua pada 2020 mendatang.

Sehingga dengan disampaikannya usulan itu kepada Presiden, seluruh masyarakat diminta untuk berdoa dan berharap agar dalam Nota Keuangan APBN 2019 yang nantinya dibacakan oleh Presiden Joko Widodo, 16 Agustus 2018 mendatang, usulan dana infrastruktur Otsus itu sudah terakomodir dalam APBN tahun depan.

“Pemprov Papua memiliki waktu sekitar satu minggu untuk menyiapkan data-datanya. Selanjutnya, akan langsung diserahkan ke Bappenas dan Kementerian Keuangan. Yang pasti kita butuh dukungan doa masyarakat sembari kami melakukan lobi-lobi supaya usulan ini bisa diakomodir,” terangnya di Jayapura, kemarin.

Dikatakan, sebenarnya Pemprov Papua sudah mengusulkan anggaran infrastruktur Otsus itu dimasukan kedalam APBN Perubahan 2018. Sayangnya, keterbatasan anggaran mengharuskan usulan itu tak direalisasi.

“Makanya kita terus berupaya supaya anggarannya bisa tersedia dalam APBN induk 2019. Sebab disinilah kesempatan kita untuk supaya anggaran PON ini bisa tersedia dan infrastrukturnya terbangun tepat waktu,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Jusuf berharap dukungan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) serta pihak swasta, untuk ikut menyukseskan pelaksanaan PON XX 2020 di bumi cenderawasih.

Stadion Papua Bangkit, Stadion yang berada di Kampung Harapan, Sentani, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua. Stadion baru ini akan difasilitasi dan dianggap keren karena mengadopsi langgam arsitektur lokal. (ISTIMEWA)

Upaya untuk merangkul BUMN, BUMD dan pihak swasta, tak lain karena waktu persiapan pelaksanaan PON XX tinggal menyisakan satu tahun lebih.

Oleh karenanya, dia berharap semua pihak ikut berpartisipasi dalam persiapan PON, lebih khusus terkait dengan pembangunan venue.  (Erwin / Koran Harian Pagi Papua)