Gedung Bangkit, Mandiri dan Sejahtera Pertama di Papua, Resmi Hadir di Mamteng

0
493
Penjabat Gubernur Papua, Mayjen TNI (Purn) Soedarmo yang diwakili oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua,  drg Aloysius Giyai, MKes,  Pj Bupati Mamteng,  Reky Douglas Ambrauw, SSos, MSi,  Ketua DPRD Mamteng, Berius Kogoya, STh dan Presiden GIDI, Pdt Dorman Wandikbo ketika secara simbolis memotong pita sebagai tanda diresmikannya gedung BAMAS Papua di Timeria, Kelila, Mamteng, Senin (6/8/2018).

KELILA (LINTAS  PAPUA) –  Gedung BAMAS (Bangkit, Mandiri dan Sejahtera)  pertama di Papua yang dibangun Kampung Timeria, Distrik Kelila,  Kabupaten Mamberamo Tengah (Mamteng)  diresmikan oleh Pj Gubernur Papua, Mayjen TNI (Purn) Soedarmo yang diwakili oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua,  drg Aloysius Giyai, MKes,  Pj Bupati Mamteng,  Reky Douglas Ambrauw, SSos, MSi,  Ketua DPRD Mamteng, Berius Kogoya, S.Th., dan Presiden GIDI, Pdt Dorman Wandikbo.

Gedung BAMAS merupakan representasi program pembinaan dan pengembangan masyarakat kampung di bidang Pendidikan anak usia Dini (PAUD)  terintegrasi sekolah minggu (pembentukan karakter, pengetahuan dan keterampilan/skill), posyandu tentang imunisasi,  pelayanan gizi ibu dan anak, pertolongan pertama bagi orang sakit di kampung.

Pj Gubernur Papua, Mayjen TNI (purn)  Seodarmo dalam sambutan yang dibacakan oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua,  drg Aloysius Giyai, MKes mengapresiasi kehadiran gedung BAMAS,  karena menjadi role model PAUD di Papua yang pertama kali diresmikan di Mamteng.

“PAUD ini merupakan upaya untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang bermutu,  sehingga tahapan kegiatan yang sangat strategis yang dilakukan secara bertahap dan lebih menitikberatkan pada bakat dan minat anak melalui pendekatan pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna bagi anak”katanya saat memberikan sambutan.

Dikatakan,  bahwa selain kegiatan peresmian gedung BAMAS juga dilaksanakan pencanangan imunisasi Campak dan rubella. “Pada kesempatan ini saya menghimbau kepada masyarakat untuk mensukseskan pencanangan imunisasi Campak dan Rubella, yang bertujuan untuk meningkatkan kekebalan masyarakat terhadap penularan penyakit campak dan rubella yang dapat menyebabkan kecacatan dan kematian, “bebernya.

Dirinya juga mengharapkan masyarakat Papua tidak takut untuk mendorong anaknya mengikuti imunisasi campak dan rubella.”Saya tegaskan bahwa imunisasi campak dan rubella ini harus dilaksanakan untuk menyelamatkan generasi ini,  jadi jangan takut untuk ikut imunisasi campak dan rubella”tuturnya.

Sementara itu Pj Bupati Mamteng,  Reky D Ambrauw, SSos, MSi atas nama pemerintah dan masyarakat Mamteng menyambut baik kehadiran gedung BAMAS yang dinilai menjadi strategis dalam meningkatkan SDM di Mamteng.

“Kehadiran gedung ini menjadi momentum untuk bagaimana kita terus bekerja keras untuk meningkatkan SDM di Kabupaten ini,  oleh sebab itu pemerintah sangat mendukung penuh kehadiran gedung BAMAS ini”lanjutnya.

Menurutnya,  gedung BAMAS meskipun hanya sebuah gedung,  tetapi melalui gedung tersebut dapat menghasilkan SDM yang menjadi generasi penerus yang melanjutkan tongkat estafet pembangunan di Kabupaten Mamteng.

Lanjut Reky,  pihaknya juga mengapresiasi Pemerintah Provinsi Papua yang melaksanakan pencanangan imunisasi Campak dan Rubella tingkat Provinsi Papua yang dilaksanakan di Mamberamo Tengah.

Pada kesempatan yang sama, Presiden GIDI, Pdt Dorman Wandikbo menyambut baik kehadiran gedung BAMAS yang diharapkan secara aktif mendorong generasi emas mamteng, semakin cerdas. “Jadi pada kesempatan ini saya mengapresiasi Anak Denis yang mana telah bekerja keras hingga gedung ini bisa jadi dan pada hari ini (kemarin, red) bisa diresmikan dan digunakan untuk mendidik anak-anak di daerah ini, “tuturnya.

Senada dengan itu, Ketua DPRD Mamteng,  Berius Kogoya mengharapkan agar kehadiran gedung BAMAS dapat meningkatkan semangat bersama orang untuk terus berpacu dalam meningkatkan SDM di kabupaten Mamteng.

Pengurus BAMAS,  Denis Jikwa menambahkan bahwa gedung BAMAS ini menjadi pusat pendidikan dan pembinaan Orang Asli Papua (OAP)  yang pertama hadir di Mamteng,  dimana menjadi ruang bagi PAUD yang teritegrasi sekolah minggu serta posyandu.

“Program ini merupakan perwujudan komitmen dari Gerakan Bangkit,  Mandiri dan Sejahtera menuju generasi emas Papua”tambahnya. (Humas Mamteng)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here