Bupati Mathius Serahkan Piagam Penghargaan Investment Award kepada DPMPTSP

0
409
: Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, S.E., M.Si, saat menyerahkan piagam penghargaan Investment Award 2018 dari BKPM RI kepada Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kabupaten Jayapura, Henock Puraro, di Lapangan Upacara Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura, Senin (6/8/2018) pagi. (Irfan / HPP)
Penghargaan Investment Award ini langsung diterima Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, S.E., M.Si., yang diserahkan Menteri Perhubungan (Menhub) RI Budi Karya Sumadi, didampingi Kepala BKPM RI, Thomas Lembong, di Auditorium Nusantara, Gedung Suhartoyo BKPM RI, Jalan Gatot Subroto Nomor 4, Jakarta Selatan, Kamis (12/7/2018) kemarin siang. (ISTIMEWA)

SENTANI (LINTAS  PAPUA) РBupati Jayapura, Mathius Awoitauw, S.E., M.Si, menyerahkan penghargaan kepada Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Jayapura, Henock Puraro, di Lapangan Upacara Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura, Senin (6/8/2018) pagi.

Penghargaan yang diterima oleh Dinas Penanaman Modal dan PTSP atas keberhasilan yang dinilai meliputi dari berbagai aspek diantaranya, yakni pengembangan kelembagaan, pengembangan sarana dan prasarana, pengembangan sumberdaya manusia (SDM), pengembangan sistem pelayanan dan prosedur, pengembangan inovasi pelayanan dan hasil survey kepuasan masyarkat.

Kelembagaan PTSP telah mengacu pada Peraturan Pemerintah (PP) RI Nomor 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah, Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) RI Nomor 100 Tahun 2016 tentang Pedoman Nomenklatur Dinas Penanaman Modal dan PTSP Provinsi dan Kabupaten/Kota, Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Jayapura Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan juga Susunan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Jayapura.

Pengembangan Sumber Daya Manusia telah dilakukan melalui pengiriman beberapa pegawai untuk mengikuti Diklat yang diselenggarakan oleh BKPM RI.

Pengembangan sistem pelayanan telah menggunakan sistem pelayanan mandiri (SIPPT) dan SPIPISE dari BKPM RI, perizinan telah dilengkapi dengan standar pelayanan (SP) dan Standar Operasional Prosedur (SOP), maklumat atau janji pelayanan dan motto pelayanan serta pelayanan telah mengacu paa standar pelayanan dan juga standar operasional prosedur yang telah dibuat.

Pengembangan inovasi yang telah dilakukan oleh DPMPTSP yakni, mendekatkan pelayanan kepada masyarakat dengan menyelenggarakan pelayanan di distrik.

Kemudian penilaian oleh masyarakat terhadap pelayanan melalui survey kepuasan masyarakat.

Dalam sambutannya Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, S.E., M.Si, menyampaikan bahwa karya-karya seluruh pegawai di lingkup Pemerintah Kabupaten Jayapura itu dinilai oleh berbagai pihak yang berkompoten.

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, S.E., M.Si, saat menyerahkan piagam penghargaan Investment Award 2018 dari BKPM RI (Irfan/HPP)

Karya-karya kita di daerah ini juga dinilai oleh berbagai pihak yang berkompoten. Seperti Dinas Penanaman Modal dan PTSP itu dinilai oleh salah satu lembaga independen yakni, PT Surveyor Indonesia yang ditunjuk oleh BKPM RI dan tim penilai yang melibatkan 11 kementerian/lembaga terkait. Penilaian dilakukan terhadap 565 instansi penyelenggara PTSP Bidang Penanaman Modal baik provinsi dan kabupaten/kota di seluruh Indonesia, ujarnya.

Lanjut kata Bupati Mahius, Kabupaten/Kota di Indonesia Timur yang menerima penghargaan PTSP itu hanya ada 3 kota dan 2 kabupaten. Jadi, di Indonesia Timur itu ada 2 kabupaten serta 3 kota di seluruh Indonesia Timur, dan salah satunya adalah Kabupaten Jayapura, ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu dan Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Jayapura, Henock Puraro kepada Harian Pagi Papua mengatakan, PTSP Kabupaten Jayapura memperoleh penghargaan tingkat nasional.

Kita patut berbangga, kita memperoleh penghargaan terbaik tingkat nasional, kata pria yang akrab disapa Mas Pur tersebut ketika dikonfirmasi wartawan harian ini via telepon seluler, Senin (6/8/2018) siang.

Poin penilaian untuk Investment Award 2018 PTSP BKPM RI itu meliputi aspek sumber daya manusia (SDM), kelembagaan, sarana dan prasarana serta survey kepuasan masyarakat.

Keempat poin itu sejauh ini cukup terpenuhi di Kabupaten Jayapura.

Mas Pur menambahkan, dengan adanya penghargaan tingkat nasional ini, pihaknya akan berupaya terus memaksimalkan potensi investasi dengan layanan prima.

Pelayanan sangat penting, sebab bila sejak awal pelayanan kurang baik, investor yang sudah diajak masuk bisa berpandangan kurang baik.

Mengutip pernyataan pak Thomas Lembong (Kepala BKPM RI), dalam rangka menggenjot investasi yang paling penting adalah pelayanan. Kalau pelayanannya tidak baik, maka dia (investor) bisa kecewa dan pulang. Itu jelas yang kita hindari, kata Mas Pur mengakhiri perbincangannya dibalik telepon seluler. (Irfan / Koran Harian Pagi Papua)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here