Wali Kota BTM Dorong Wartawan Harus Miliki Kompetensi

0
86
Wali Kota BTM foto bersama para wartawan dari luar daerah Kota Jayapura, usai membuka acara Uji Kompetensi Wartawan. (Elsye / HPP)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Wali Kota Jayapura DR. Benhur Tomi Mano, MM mengatakan sebagai mitra pemerintah, diri mendorong agar seorang wartawan harus berkompeten.

“Pekerjaan wartawan sangat berat. Dengan ketekunaan dan kesetiaan, dia (wartawan) mencari berita baik siang, malam, bahkan hujan dan panas pun dia meliput,” ucap BTM saat membuka resmi kegiatan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) bertempat di Grand Abe Hotel, Kota Jayapura, Jumat (3/8/2018).

Menurutnya, di ujung pena seorang wartawan bisa menulis berita. Untuk itu,  BTM meminta para wartawan di Papua harus bekerja secara profesional dan sesuai aturan dalam menulis berita.

“Saya akan pampang di Kantor Wali Kota Jayapura,  bahwa yang bisa meliput di Kantor Wali Kota Jayapura adalah wartawan yang profesional, yaitu yang telah lulus UKW,” pungkasnya dihadapan 48 wartawan Papua yang mengikuti UKW tersebut.

BTM juga berjanji akan mengimbau semua Organisasi Perangkat Daerah di dinas masing-masing, untuk membuat edaran,  yaitu hanya bisa menerima wartawan yang telah berkompeten untuk diwawancarai.

 

Adapun UKW terselesanggarakan oleh tiga organisasi wartawan di Papua.Persatuan Wartawan Indonesia (PWI),Indonesia Jurnalis Network (IJN) dan  Forum Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI) Papua.

Tema yang di angkat pada momen ini ” Menuju Wartawan Papua Yang Profesional “.

48 wartawan tersebut dibagi dalam tiga tingkatan yakni, wartawan muda, Madya dan Utama.

 

Dia berharap agar semua peserta dapat mengikuti UKW dengan baik, dan lulus ujian sertifikasi tersebut. (Elsye Sanyi / KoraN Harian Pagi Papua)