Timsel KPU Diminta Memprioritaskan Putra Asli Waropen

0
252
Sekretaris Forum Peduli Pembangunan Kawasan Waropen, Rando H Rudamaga dan anggota forum saat menggelar jumpa pers. (nn/HPP)

JAYAPURA (LINTAS  PAPUA)  –  Forum Peduli Pembangunan Kawasan Waropen berharap kepada Tim Seleksi KPU Kab.Waropen untuk lebih memprioritaskan putra asli Waropen lolos dalam seleksi pemilihan anggota KPU, hal tersebut disampaikan Sekretaris Forum Peduli Pembangunan Kawasan Waropen Rando H Rudamaga, Minggu (5/8) di Abepura.

Dikatakannya, proses seleksi anggota KPU kab. Waropen memasuki tahapan pemeriksaan kesehatan, dan dari 29 calon anggota KPU kini tinggal 23 orang, 7 diantaranya bukan orang asli Waropen.

“Kami atas nama Forum Pemuda Pelajar dan  Mahasiswa meminta kepada  Tim Seleksi, agar dalam seleksi tersebut perlu ada pertimbangan yang khusus bagi putra asli  daerah. Dalam hal ini kekhususan dan prioritas bagi putra asli daerah Waropen, dalam bentuk pemberian kesempatan yang seluas Iuasnya bagi putra/i asli Kabupaten Waropen ,”katanya didampingi  Adolf Erari, Yansen Nussi, Nadus Pandori, Lion Bubui, Mecky Ruwayari, Timo Rudamaga dan Mesar Erari.

Perlunya prioritas putra/i asli daerah Waropen, lanjutnya,  agar ada pemerataan antara segenap komponen anak bangsa yang hidup dan mendiami dataran Tanah Seribu Bakau Waropen, juga untuk menetralisir  terjadi potensi konflik fertikal dan horisontal.

“Mari kita rubah  minseat kita, paradigma kita agar kesatuan dan persatuan kita dapat terbangun kembali, sesuai Motto Waropen Kaniba Raruko,” ujarnya.

Sementara itu Ketua KNPI Kab. Waropen Hengki Maniagasi mendukung apa yang disampaikan Forum Peduli Pembangunan Kawasan Waropen.

“Saya mengapresiasi apa yang disampaikan Forum Peduli Pembangunan Kawasan Waropen, dan hal yang wajar jika mereka berharap agar ada ke khususan bagi putra/i asli Waropen, dalam hal ini anak-anak Waropen harus diberi kesempatan membangun daerahnya sendiri,” katanya.

Anak-anak Waropen harus dilibatkan dalam pembangunan, baik  secara kelembagaan maupun yang lainnya. Ia pun berharap agar proses seleski komisioner KPU Kab.Waropen bisa berjalan dengan baik dan menghasilkan komisioner-komisioner yang independen.  (nn / Koran Harian Pagi Papua)