Gubernur Soedarmo Resmi Buka Festival Teluk Humboltd  2018

0
356
Tarian Adat dari Kampung Kayu Pulau. (Elsye / HPP)

JAYAPURA (LINTAS  PAPUA) – Pelaksanaan Festival Teluk Humboltd (FTH) ke-X Tahun 2018 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, resmi dibuka oleh Penjabat  Gubernur Papua,  Soedarmo, bertempat di Ringroad Pantai Hamadi, Distrik Jayapura Selatan, Minggu (5/8).

Penjabat Gubernur Papua, Soedarmo, menyambut baik visi Wali Kota Jayapura yang ingin mempertahankan nilai-nilai budaya asli yang ada di Teluk Humboldt.

“Negara yang bisa maju adalah negara yang mampu mempertahankan nilai-nilai budayanya,” pungkasnya.

Sehingga, kebijakan untuk mempertahankan nilai budaya khsusnya diwilayah Port Numbay menurut sangat penting dan wajib dilakukan oleh setiap kabupaten/kota.

“Dengan mempetahankan budaya, maka kita bisa memfilter budaya asing yang bisa mempengaruhi dan merusak budaya kita,” pesannya.

Dengan demikian, dikatakannya promosi wisata harus dilakukan dengan beberapa hal, antara lain adanya sinergitas antar stakeholder, kemudian adanya pemikiran-pemikiran yang berbeda dari konsep sebelumnya, serta promosi yang dilakukan secara besar-besaran.

Sementara itu, Wali Kota Jayapura, DR. Benhur Tomi Mano, MM mengucapkan terima kasih kepada para Ondoafi dan Keoala Sukus yang ada di 14 kampung Port Numbay dengan 10 keondoafian.

Sesuai dengan visinya, melalui tarian adat, ukiran-ukiran serta makanan khas yang ditampilkan dalam FTH, maka BTM sapaan akrabnya itu ingin mempertahankan nilai-nilai kearifan lokal dari Port Numbay.

“Biarlah dimasa mendatang, anak cucu mereka bisa menikmati sekaligus mempertahankan adat istiadat mereka, seperti bahasa, ukiran, makanan khas mereka tidak boleh hilang,” harapnya.

Disamping itu, BTM mengajak seluruh masyarakat yang ada di Kota Jayapura untuk datang dan memeriahkan FTH ke-X Tahun 2018.

Turut hadir Pjs. Gubernur Papua, Kapolda Papua, Wali Kota Jayapura dan Wakil wali Kota Jayapura, Ketua DPRD Kota Jayapura, Kapolres Jayapura Kota,  Kepala Perwakilan Bank Indonesia Papua, Ketua GKI Klasis Port Numbay  Tokoh Adat Ramses Ohee. (Elsye Sanyi / Koran Harian Pagi Papua)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here