Pemkab Puncak Upayakan Jaringan TIK di  Tiap Distrik

0
521
Bupati Puncak, Willem Wandik, SE, M.Si, saat bersama masyarakat di Lapangan Trikora Kabupaten Puncak (Eveerth Joumilena / lintaspapua.com)
Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Puncak, Ricky Siwi. (Erwin / HPP)

JAYAPURA  (LINTAS  PAPUA)  –  Pemerintah Kabupaten Puncak mendorong ketersediaan jaringan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di 25 distrik pada 2019 mendatang, dengan harapan dapat memaksimalkan pelaksanaan pembangunan di wilayah tersebut.

Hal demikian disampaikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Puncak Ricky Siwi di Jayapura, kemarin.

Menurut dia, saat ini dari 25 distrik yang ada, baru sekitar tiga wilayah yang memiliki jaringan telekomunikasi. Tiga distrik tersebut, yakni Bioga, Sinak dan Ilaga. Sementara ketersediaan jaringan internet baru di dua distrik, yakni Bioga dan Sinak.

Oleh karena itu, dia berharap keberadaan palapa ring yang sementara dikerjakan dan dijadwalkan rampung pada akhir tahun ini, dapat menjadi penyuplai TIK di kabupaten pecahan dari Puncak Jaya tersebut.

“Sehingga pembangunan telekomunikasi di Kabupaten Puncak akan lebih maksimal, lebih khusus dalam mendukung upaya pemberantasan korupsi, kolusi dan nepotisme di Kabupaten Puncak,” terang dia.

Ditambahkan, Pemda Puncak saat ini menggunakan V-Sat dalam memenuhi kebutuhan jaringan internet. Sementar auntuk mendukung jaringan telekomunikasi, saat ini telah dibangun satu unit BTS yang dikelola oleh Telkomsel.

Kemudian pada akhir 2017, jaringan TIK kembali telah tercover di Distrik Beoga dan Sinak. “Hanya untuk pekerjaan selanjutnya kami mengalami keterbatasan dan masalah. Dimana kemarin ada informasi jaringan tidak lagi berjalan karena terbakarnya power suplay”.

“Namun sebagai dinas yang baru dengan keterbatasan yang ada, kami ingin terus memajukan daerah kami melalui Diskominfo dengan mempelajari sejumlah hal yang terkait, di tingkat provinsi maupun pusat,” terang dia.

Kepala Dinas Kominfo Papua Kansiana Salle mengapresiasi Dinas Kominfo Kabupaten Puncak yang menggandeng instansinya untuk menggelar pelatihan.

“Sehingga hasil dari wokshop ini saya harap semua pejabat Dinas Kominfo Puncak dapat menambah wawasan dan pengetahuan yang mumpuni untuk membangun daeranya,” tutup dia.  (Erwin /  Koran Harian Pagi Papua)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here