Masyarakat Diimbau Kritisi Pendidikan Papua, Pemerintah Pusat Sajikan Neraca Pendidikan Daerah

0
374
KOMITMEN BANGUN PENDIDIKAN DI PAUA. Anak - Anak Sekolah di Papua saat bersama Presiden Joko Widodo (Biro Pers Setpres)

JAYAPURA (LINTAS  PAPUA)  –  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI mengajak masyarakat bumi cenderawasih untuk dapat mengkritisi pembangunan dunia pendidikan yang dilaksanakan Pemerintah Provinsi Papua, lewat Neraca Pendidikan Daerah (NPD) yang disajikan pemerintah pusat.

NPD merupakan data yang dihimpun oleh Pusat Analisis dan Sinkronisasi Kebijakan (PASKA) Kemendikbud, agar dapat menjadi acuan kebijakan dan solusi bagi pendidikan di tanah air. Neraca ini dapat diakses melalui laman http://ngtk.data.kemdikbud.go.id.

Hal demikian disampaikan Staf Ahli Bidang Hubungan Pusat-Daerah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, James Modouw, usai beraudiensi dengan Pemprov Papua, terkait sosialisasi NPD Kamis (2/8), di Jayapura.

Menurut James, audiensi dengan Pemerintah Provinsi Papua juga sebagai salah satu kegiatan untuk memperkenalkan NPD. Keberadaan NPD juga diharapkan menjadi pemacu bagi pemerintah provinsi untuk memaksimalkan pembangunan dunia pendidikan di masing-masing daerahnya.

“Sebab nanti di NPD ini disajikan semua datang mengenai pendidikan termasuk soal guru, uji kompetensi, ruang kelas dan lainnya. Sehingga bagi pemda yang belum menyelesaikan dengan baik, bisa menjadi untuk diselesaikan dalam penganggaran di masa yang akan datang”.

“Makanya kita jalan dari provinsi ke provinsi untuk dan mengajak pemda supaya bersama melihat data-data ini. Sehingga desentralisasi pendidikan yang saat ini menjadi urusan provinsi bisa kita kelola dengan baik,” ucap dia.

James pada kesempatan itu mengapresiasi skema pendidikan di Provinsi Papua, yang saat ini telah mempunyai skema kerja sangat baik. Dia berharap kondisi ini terus dijaga bahkan ditingkatkan sehingga pembangunan bidang pendidikan bakal lebih maksimal.

Sementara Asisten Bidang Perekonomian dan Kesra Sekda Papua, Noak Kapisa menyambut baik keberadaan NPD yang mampu mengakses data bidang pendidikan baik di provinsi, kabupaten dan kota.

Keberadaan NPD dinilainya sangat positif untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Papua. Sebab untuk mengambil sebuah kebijakan anggaran pada bidang pendidikan kedepan, mesti didasarkan dari data NPD.  (Erwin / Koran Harian Pagi Papua)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here