Ratusan Motor Karatan Bikin Kumuh Kantor Satlantas Polres Jayapura

582
Kasat Lantas Polres Jayapura, AKP Dony Cancero, S.IK. (Irfan/HPP)
Polisi Sedang Melakukan Razia kelengkapan surat – surat kendaraan. (Humas Polda Papua)

Masyarakat Dipersilahkan Ambil Kendaraannya yang Telah Ditahan Bertahun-tahun dengan Membawa Surat Kepemilikan Kendaraan Bermotor

SENTANI (LINTAS PAPUA) – Ratusan unit kendaraan roda dua terlihat berdebu dan mulai berkarat, berjajar rapi di tempat penyimpanan barang bukti (BB) kendaraan yang berada di sekitar Kantor Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Jayapura.

 

 

Bahkan, ratusan kendaraan yang disita tersebut bertahun-tahun tak kunjung diambil oleh pemiliknya.

 

 

“Jumlahnya sekitar puluhan hingga ratusan sepeda motor. Semuanya merupakan hasil dari razia kelengkapan kendaraan bermotor dan juga hasil kecelakaan lalu lintas,” terang Kasat Lantas Polres Jayapura, AKP Donny Cancero, S.IK, ketika ditemui diruang kerjanya, Kantor Satlantas Polres Jayapura, Selasa (31/7/2018) siang.

 

 

Menurut pria yang akrab disapa Kasat Cancero, pemilik kendaraan bisa mengambil kendaraan dengan menunjukkan bukti kepemilikan kendaraan, seperti surat tanda nomor kendaraan (STNK) dan bukti kepemilikan kendaraan bermotor (BPKB). Bahkan, Kasat Cancero menjamin pengambilan kendaraan tersebut tidak dikenakan biaya apaan alias gratis.

 

 

“Yang merasa memiliki kendaraan tersebut silahkan diambil. Pengambilan gratis tanpa dikenakan biaya sepeserpun. Namun kalau mau melakukan pengambilan kendaraan harus dilengkapi dengan surat-surat, ya kalau tidak bisa menunjukkan surat kendaraan ya tetap kami tahan. Sebab, ditakutkan kendaraan tersebut hasil dari kejahatan,” jelas Kasat Cancero.

 

 

Untuk itu, dirinya mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk dapat mengambil kendaraan yang telah ditahan oleh pihaknya bertahun-tahun di Kantor Satlantas Polres Jayapura, tepatnya di depan Masjid Agung Al-Aqsha Sentani, Kota Sentani, Kabupaten Jayapura.

 

 

“Kami imbau kepada seluruh masyarakat yang punya kendaran disini (Kantor Satlantas), untuk dapat mengambilnya dengan syarat yang sangat mudah yakni dengan membawa surat-surat kepemilikan kendaraan. Terutama kendaraan yang telah kami tahan bertahun-tahun dan bahkan puluhan tahun itu, kiranya dapat diambil. Kami akan berikan kemudahan,” imbuhnya.

 

 

Imbauan ini disampaikan Kasat Lantas Polres Jayapura AKP Donny, dikarenakan hingga saat ini anggota tidak bisa melakukan aktifitas dengan baik disekitar kantor yang ia pimpin tersebut.

 

 

“Sebab, halaman depan dan belakang kantor sudah dipenuhi dengan tumpukan motor baik kendaraan puluhan tahun lalu dan kendaraan yang baru kami tahan. Makanya saya imbau kepada seluruh masyarakat yang kendaraannya masih ada disini untuk dapat mengambil nya,” tuturnya.

 

 

Apabila masyarakat pemilik kendaraan tidak datang mengambil motor yang ditahan didepan, samping dan belakang Kantor Satlantas, lanjut perwira tiga balok yang akrab dengan panggilan Cancero itu menegaskan, bahwa dirinya selaku Kasat Lantas akan memusnahkan motor tersebut sesuai aturan yang berlaku.

 

 

“Oleh karena itu, saya sangat berharap kepada masyarakat yang punya kendaraan disini untuk dapat mengambilnya. Tenang saja, pengambilan kendaraan tidak dikenakan biaya sepeserpun alias gratis,” tandasnya. (Irfan / Koran Harian Pagi Papua)