Pelatih PPLP Sepakbola Papua, Gustaf Pui, saat memberikan keterangan kepada awak media, Rabu, (01/08/2018) kemarin. (Geis Muguri / HPP)

JAYAPURA (LINTAS  PAPUA)  –  Salah satu Pemain sepak bola dari Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) mendapatkan panggilan untuk memenuhi program latihan persiapan ajang Asian School Football U-19 di Agra City, India.

Pemain tersebut adalah Theofilo Numberi,  pemain gelandang bertahan PPLP itu akan bergabung dengan rekan-rekannya di SKO Ragunan Jakarta 13 Agustus 2018.

Hal ini berdasarkan surat resmi yang dikeluarkan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Nomor: 7.31.4/SET.DIII-3/VII-2018 yang berisi bahwa pemusatan latihan akan di lakukan pada 14 Agustus sampai 19 September mendatang.

Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Provinsi Papua,  Yusuf Yambe Yabdi  mengakui bahwa pihaknya telah menerima surat pemanggilan dari Kemenpora RI.

“Iya betul, ada satu pemain kita yang dipanggil mengikuti pemusatan latihan  Timnas Pelajar 19 tahun yang akan mengikuti Asian School Football di India,”ujarnya ketika dikonfirmasi wartawan, Rabu, 1 Agustus 2018.

Yusuf mengatakan, tujuan pembinaan pemain di PPLP adalah untuk Timnas Indonesia. “PPLP dibiayai oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Nasional (APBN) dan daerah punya kewajiban memberikan kontribusi atlet yang berprestasi kepada Timnas Indonesia,” tuturnya.

Sementara itu pelatih sepak  bola PPLP Papua, Gustaf Pui, mengaku bangga anak didiknya dipanggil timnas pelajar U-19. “pemain ke timnas menjadi kebanggaan saya, karena pemain yang kita bina di PPLP tujuannya untuk pembentukan Timnas pelajar Indonesia,” ungkapnya.

Gustav mengakui, setelah mengikuti kejuaraan PPLP di Aceh bulan Juli kemarin, ada empat pemain yang dilirik oleh pelatih sepak bola SKO Ragunan Jakarta. Tapi hanya  satu pemain yang dipanggil ke Timnas pelajar.

“PPLP adalah bagian dari Kemenpora dan muara dari diadakannya kejuaraan PPLP adalah terbentuknya tim nasional yang kuat,” tutupnya. (Geis Muguri / Koran Harian Pagi Papua)