Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPKP2) Kabupaten Jayapura, Arry Ronny Deda. (Irfan/HPP)

Tanggal 16/ 4 / 2018 merupakan momen bersejarah bagi Arry Ronny D. Deda, S.IP, M.T., dilantik sebagai Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPKP2) Kabupaten Jayapura oleh Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, S.E, M.Si.

Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPKP2) ini merupakan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang baru dibentuk pada tahun 2018 ini di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura. Lantas apa saja yang akan dilakukan oleh Arry Ronny D. Deda, S.IP, M.T., dalam memimpin DPKP2 kedepan?.

Laporan: Muhammad Irfan – Sentani (Wartawan Koran Harian Pagi Papua)

Sosok tambun dan berkumis namun bersahaja ini ketika ditemui di ruang kerjanya oleh Harian Pagi Papua bersama satu rekan media online di Gedung A Kompleks Perkantoran Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura, Senin (30/7/2018) pagi.

Baru tiga bulan menjabat sebagai Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPKP2) ini langsung mempersilahkan duduk dan juga menawarkan minuman baik yang telah tersedia diatas meja maupun yang ada di dalam kulkas.

Tak lama pria itu adalah Arry Ronny D. Deda, S.IP, M.T., itupun langsung mengeluarkan sebatang rokok dan mengajak Harian Pagi Papua dan satu rekan media online ini untuk tidak malu-malu merokok bersama di dalam ruangannya.

Saya cuma mau bilang kalau ruangan kerja bersih itu tandanya kita tidak bekerja, namun kalau ruangan kerja kotor dengan abu dan punting rokok itu tandanya kita bekerja, kelakar Arry Ronny Deda seraya menambahkan bahwa dirinya tidak bisa bekerja tanpa mengisap sebatang rokok.

Pria kelahiran Jayapura pada tanggal 24 Juni 1965 dan telah dikaruniai dua orang putra. Semangat Arry Ronny Deda tidak kalah dengan semangat kawula muda. Melalui bincang-bincang santai, Arry Ronny Deda mengungkapkan bahwa saat ditunjuk sebagai Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan, bahwa dirinya masuk di DPKP2 ini tepat ditengah-tengah program sedang berjalan.

Kita tetap jalankan program ini, dan dari program lama tetap saya sambung baik itu perumahan, kawasan permukiman maupun pertanahan. Jadi, apa yang sudah jalan tetap kita selesaikan, ucapnya.

Sebelum menjabat sebagai DPKP2, Arry Ronny Deda pernah menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP2KB) di tahun 2018 ini.

Suami dari drg. Yohana Yantewo, M.Kes, ini pernah menimba ilmu pendidikan S1 jurusan Ilmu Pemerintahan Universitas Nasional (UNAS) Jakarta, kemudian ilmu pendidikan S2 jurusan teknik di Universitas Gajah Mada (UGM) Jogjakarta.

Dengan jabatan baru ini, Arry Ronny Deda ingin melakukan pembenahan-pembenahan secara internal di DPKP2 ini.

Apalagi dinas inikan baru, banyak pegawai-pegawai yang belum definitif. Kita punya bendahara dan sekretaris yang masih pelaksana tugas (Plt), kemudian Kasubbag Program belum ada dan masih banyak jabatan yang kosong. Itu yang akan coba kami lengkapi terlebih dahulu di internal kami, ujarnya.

Arry Ronny Deda mengatakan, yang akan dilakukannya adalah pembenahan-pembenahan program di DPKP2 yang fokus kepada arahan dari pimpinan daerah, kemudian dirinya akan melihat rencana kerja yang akan dikerjakannya di tahun ini oleh dinas yang baru dipimpinnya itu.

Kegiatan dan pelayanan kepada masyarakat tidak terlepas dari visi misi Bupati dan Wakil Bupati Jayapura, terutama di wilayah perkotaan. Kalau program perumahan itu tetap jalan sampai di empat wilayah pembangunan (WP). Sedangkan untuk kawasan permukiman, kita sudah mulai dengan jalan-jalan lingkungan, terus dengan perbaikan drainase kota serta pekerjaan perbaikan lampu penerangan jalan yang akan diusul dalam APBD-Perubahan, katanya.

Arry Ronny Deda adalah sosok yang suka melihat langsung pelaksanaan pekerjaan di lapangan, sehingga dirinya tidak segan untuk bergabung guna meninjau langsung pekerjaan-pekerjaan yang sedang dilaksanakan.

Hal ini bukanlah yang sulit untuk Arry Ronny Deda namun merupakan hal yang telah biasa dirinya jalani semenjak dirinya pernah menjabat Kepala Dinas PU Kabupaten Jayapura.

Perjalanan Arry Ronny Deda dalam mencapai puncak karirnya ini tidak digapai dengan perjalanan yang mudah, banyak pengalaman dan jabatan yang telah dirinya emban dan jalankan, antara lain sebagai berikut:

1 Pengangkatan dari CPNS menjadi PNS berlangsung di Jepara, Jawa Tengah

2 Kepala Seksie Pembangunan Distrik Kaureh

3 Kasub Seksie Pengawasan Pembangunan Dinas Perumahan

4 Kepala Seksie Tata Kota Dinas Cipta Karya

5 Kepala Bidang Tata Kota Dinas PU

6 Kepala Bidang Fisik dan Prasarana Bappeda

7 Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum (PU)

8 Kepala Dinas Pertambangan dan Energi

9 Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB

10 Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (sekarang)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here