HMI Cabang Jayapura Laksanakan Latihan Kepemimpinan

0
675
Ketua HMI Cabang Jayapura, Murdani Anwar, S.Kom, bersama rekannya saat jumpa pers. (Elsye /HPP)
Kapolda Papua sampaikan materi di LK II HMI Cabang Jayapura periode 2017-2018. (Elsye / HPP)

Kapolda Papua Dan Bupati Jayapura Jadi Pemateri Di LK II HMI Cabang Jayapura

JAYAPURA (LINTAS  PAPUA) – Dalam rangka terbinanya kader Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) yang mempunyai kemampuan intelektual dan analisis sosial serta mampu mengelola organisasi yang bertujuan untuk mengabdi kepada Bangsa dengan meneruskan dan mengemban misi HMI, maka HMI Cabang Jayapura yang diketuai oleh M. Sabda Nawarisa menggelar Latihan Kepemimpinan (LK) II, sejak 27 Juli hingga 4 Agustus 2018, bertempat di Balai Transmigrasi Kabupaten Jayapura.

 

Dalam momen itu, HMI Cabang Jayapura menghadirkan Kapolda Papua Irjen. Pol. Boy Rafli Amar dan Bupati Kabupaten Jayapura Mathius Awoitauw sebagai pemateri di hari kelima pelatihan berlangsung.

 

Dengan memberikan materi tentang Keamanan dengan Kedekatan humanis, Kapolda Papua Irjen. Pol. Boy Rafli Amar, menjelaskan pendekatan humanis ialah pendekatan yang manusiawi, mengedepankan sisi kemanusiaan, pelayanan kepada masyarakat dengan pendekatan nilai-nilai kemanusiaan.

 

Terkait hal itu, disebutkannya ada lima program unggulan Polda Papua yang sedang dikembangkan pihaknya di tanah Papua, antara lain Pemolisian pro aktif, pemolisian komunitas, pemolisian reaktif, pemolisian media sosial, dan pemolisian yg demokratis.

 

“Bekerja itu harus bersama-sama dengan yang lain, baik dengan pemerintah, tokoh agama, masyarakat, TNI, mahasiswa hingga pelajar ditingkat SD,” paparnya kepada peserta Lk II.

 

Dengan lima program unggulan tersebut, dia berharap agar polisi dapat menjadi sahabat sekolah, mahasiswa, kepala suku, tokoh agama, bahkan menjadi sahabat alam.

“Polisi sahabat mahasiswa bertujuan untuk menyelamatkan mahasiswa dari bahaya narkoba, miras, pornografi, ujaran kebencian. Agar mahasiswa dapat mencapai cita-citanya menjadi pemimpin masa depan yang negarawan di seluruh wilayah NKRI,” terangnya.

Begitu pun dengan polisi sahabat kepala suku dan masyarakat, dicontohkannya jika terjadi perang suku, maka polisi dapat melakukan pendekatan kepada kepala suku guna menyelesaikan pertikaian tersebut.

 

Sementara itu, Bupati Kabupaten Jayapura, Mathias Awoitauw dalam pesannya kepada peserta LK II sebagai generasi muda bangsa harus lebih giat belajar dalam mengikuti kegiatan LK II tersebut.

 

“Semoga kegiatan baik ini tepat untuk menjadi media pendidikan untuk generasi muda muslim kedepan dan untuk menjadi bekal dalam pengabdian pada masyarakat,” ucapnya usai membawakan materi strategis pelayanan kepada masyarakat.

 

Ketua HMI Cabang Jayapura periode 2017-2018,  Muh. Sabda Nawarisa menyampaikan kegiatan Intermediate Training LK. II yang di gelarnya merupakan agenda tahunan HMI Cabang Jayapura yang dilakukan sesuai amanah konstitusi HMI sendiri wajib LK. II dua dilakukan dalam satu tahun periodesasi.

 

“Besar harapan kami semoga dalam kegiatan teman-teman kader yang terlibat mendapatkan pengetahuan yang lebih dan perubahan emosional spritual dan intelektual yang mumpuni semoga mereka menjadi pionir perubahan di masa-masa yang akan datang dan selalu menjaga dan merawat Himpunan tercinta,” paparnya.

 

Pada kesempatan itu, turut hadir sebagai peserta Kader HMI dari luar Papua yakni HMI Cabang Ciputat sebanyak satu kader, Cabang Tual satu kader dan Cabang Merauke satu kader, serta komisariat persiapan Wamena satu kader, dan peserta lainya 19 kader dari Cabang Jayapura dari bebagi kampus besar di jayapura Uncen dan USTJ jumlah peserta secara keseluruhan 22 orang.  (Elsye Sanyi / Koran Harian Pagi Papua)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here