Percepat Akte Kelahiran, Dispendukcapil Jayapura Akan Gandeng Dinkes dan RS

0
275

SENTANI (LINTAS  PAPUA) – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Jayapura akan melakukan jemput bola dalam melakukan pencatatan administrasi kependudukan khususnya akte kelahiran. Dalam pencatatan akte kelahiran, Dispendukcapil akan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Rumah Sakit.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Kadispendukcapil) Kabupaten Jayapura, Eddy Susanto mengatakan pihaknya akan menggandeng Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Rumah Sakit (RS), untuk melakukan pembuatan akte kelahiran.

Kami juga akan berencana untuk akte kelahiran, nanti kami akan bekerjasama dengan Rumah Sakit (RS) dan Dinas Kesehatan (Dinkes) dalam rangka mempercepat pencatatan administrasi kependudukan khususnya kepemilikan akte kelahiran tersebut, ujar Eddy Susanto yang juga menjabat sebagai Asisten II Bidang Perekonomian Setda Kabupaten Jayapura, ketika menjawab pertanyaan wartawan harian ini, Senin (30/7/2018) siang.

Kita arahkan untuk mencari akte, sehingga otomatis begitu dia (anak atau bayi) lahir di rumah sakit itu sudah bisa diterbitkan aktenya. Ketika pulang dari rumah sakit, selain membawa bukti kelahiran dari rumah sakit juga sudah bisa membawa akte kelahiran dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) dengan catatan persyaratan-persyaratan yang telah ditentukan itu bisa dilengkapi, sambungnya.

Eddy Susanto menambahkan, pentingnya administrasi kependudukan, selain untuk memudahkan pendataan, juga untuk rencana program pemerintah kedepan. Karena akte manfaatnya banyak yakni, untuk sekolah, perkawinan (nikah), masuk ke perguruan tinggi, ibadah haji atau umroh, serta untuk mencari atau mengurus passport, imbuh Eddy Susanto.

Selain itu, Eddy Susanto menuturkan, dalam rangka mempercepat seluruh warga Kabupaten Jayapura, untuk memiliki administrasi kependudukan baik itu kartu keluarga, akte kelahiran dan kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el).

Maka kami dari Dispendukcapil Kabupaten Jayapura akan melakukan pelayanan jemput bola (mobile) yang dari beberapa kampung antar distrik, nanti dipusatkan di satu tempat itu kita langsung lakukan pelayanan, tukas pria yang pernah menjabat sebagai Kepala Inspektorat Kabupaten Jayapura. (Irfan / KORAN HARIAN PAGI PAPUA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here