Optimalkan Keuangan Daerah, Wabup Jayapura Launching CMS

0
535
Wakil Bupati Jayapura, Giri Wijayantoro , dalam sebuah kegiatan. (Irfan/HPP)

SENTANI (LINTAS PAPUA) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura dalam hal ini Wakil Bupati (Wabup) Jayapura, Giri Wijayantoro melaunching Cash Management System (CMS) dalam rangka mengoptimalisasi pengeluaran keuangan daerah sebagai perwujudan pengelolaan keuangan daerah yang semakin tertib, transparan dan akuntabel guna mendukung upaya pemerintah daerah dalam mewujudkan birokrasi yang bersih, efisien dan melayani.

 

 

Pada acara tersebut, Sekda Kabupaten Jayapura Drs Yerry F. Dien, M.Si, Asisten II Bidang Perekonomian Eddy Susanto, Kepala BPKAD Subhan, S.E, dan semua menyaksikan pula penandatanganan MoU atau pakta integritas pelaksanaan transaksi non tunai antara Pemkab Jayapura dengan Bank Papua dan BPKP Provinsi Papua.

 

 

Penandatanganan MoU itu dilakukan oleh Wakil Bupati Jayapura Giri Wijayantoro dengan Direktur Operasional Bank Papua Izak S. Wopari dan Kepala BPKP Provinsi Papua Sueb Cahyadi yang berlangsung di VIP Room Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura, Selasa (31/7/2018) sore.

 

 

Usai penandatanganan MoU, dilanjutkan dengan meninjau langsung lokasi CMS yang berada di depan Kantor Cabang Bank Papua Unit Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura.

 

 

Dalam sambutannya Wakil Bupati Jayapura, Giri Wijayantoro menuturkan, koneksi transaksi antara pengelola keuangan pada pemerintah daerah dengan Bank Pembangunan Daerah (BPD) Papua itu selain meningkatkan efektivitas dan efisiensi, juga di harapkan dapat menekan kesalahan dan penyalahgunaan dalam penerimaan dan pencairan kas daerah.

 

 

“Oleh karena itu, para bendahara dan pengelola keuangan di semua Perangkat Daerah (PD) agar dapat memahami sitem CMS ini, yang berguna dalam menertibkan dan mengontrol mitigasi uang yang masuk dan keluar di kas daerah,” ujar Wabup Giri.

 

 

Wabup Giri juga berharap kepada Kepala OPD dan semua pengelola keuangan daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Jayapura, untuk memacu diri menetapkan langkah demi terwujudnya tata kelola pemerintahan yang bersih, akurat, efisien dan akuntabel.

 

 

Sementara itu, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Jayapura, Subhan, S.E, menjelaskan dengan penggunaan aplikasi Cash Management System atau CMS ini, maka secara otomatis pembayaran kepada pihak ketiga akan diberlakukan sistem pembayaran non tunai.

 

 

Subhan juga menyampaikan, aplikasi CMS ini juga akan memperlancar transaksi pencairan SP2D, mempercepat proses pengelolaan keuangan daerah, yang terkait dengan pencairan dari rekening kas umum daerah ke rekening tujuan yaitu, rekening OPD dan pihak ketiga di bank dengan konsep real time online.

 

 

“Dengan demikian, diharapkan pelayanan semakin meningkat dan kinerja kualitas pengelolaan keuangan akan semakin membaik di daerah ini,” harap Kaban Subhan. (Irfan / Koran Harian Pagi Papua)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here