Segera Ditayangkan, 19 Film Karya Anak Papua Siap Berlaga di FFP

0
351
Berbagai Aneka Fim Papua, yang iikut dalam Kompetisi Festival Film Papua. (Istimewa)

JAYAPURA (LINTAS  PAPUA) –  Panitia Festival Film Papua (FFP) Ke –II , Papuan Voices telah menerima 19 film pendek hingga tanggal 10 Juli 2018. Belasan film tersebut berasal dari Asmat , Wamena, Jayapura, Keerom, Supiori , Biak, Kota Jayapura dan Jakarta.

 

Ketua Panitia FFP II,  Harun Rumbarar mengatakan, sangat  memberikan apresiasi   partisipasi dari film maker yang telah mengirimkan hasil karya mereka.

 

“Kami  tidak menyangka akan menerima 19 buah film pendek atau dokumenter. Ini menunjukan bahwa generasi muda Papua mulai memberikan perhatian kepada Festival Film Papua,” ujar Harun Rumbarar, diJayapura, Senin (23/07/2018)  pekan kemarin.

 

Menurut Harun Rumbarar, tujuan diselenggarakan FPP diantaranya adalah memperkenalkan situasi masyarat adat Papua dan berbagai permasalahannya lewat film documenter, membangun kesadaran publik akan isu-isu penting yang dihadapi oleh masyarakat adat Papua.

 

“Selain itu, mendorong dan memperkenalkan filmmaker muda Papua yang terampil dalam produksi dan distribusi film documenter,” lanjutnya.

 

Sementara itu,  Sekretaris Panitia FFP , Bernard Koten berharap, pelaksanaan kegiatan ini kedepannya akan menghasilkan film maker Papua yang handal.

 

“Karena ajang ini dilakukan setiap tahun . Jadi para film maker Papua akan mempunyai wadah untuk menampilkan hasil karya terbaik mereka untuk diikutsertakan dalam FFP,” ujar Bernard Koten.

Dirinya berkeyakinan,  ajang ini akan melahirkan film maker muda Papua yang bisa bersaing dalam ajang festival film ditingkat nasional bahkan internasional.

 

“Jadi bakat mereka dapat diasah lewat ajang FFP  terlebih dahulu, sebelum ke ikut berkompetisi di ajang nasional maupun internasional,” tukas Sekretaris Panitia FFP.

 

Saat ini  ke-19 film telah didistribusikan oleh panitia kepada dewan juri untuk mendapatkan penilaian. Adapun Dewan Juri FFP terdiri dari Wenslaus Fatubun, Veronika Kusumaryati dan Zadrak Wamebu.

 

Beberapa aspek yang akan dinilai dari 19 film adalah aspek teknis dan non-teknis. Setelah proses penilaian maka panitia FFP akan mengumumkan 10 film terbaik dalam pekan ini. (*)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here