SENTANI  (LINTAS  PAPUA) – Diperkirakan sekitar 250 peserta akan ikut meramaikan Sepeda Nusantara 2018 di Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua, yang akan digelar hari Sabtu (28/7/2018) ini.

 

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, S.E., M.Si., dijadwalkan melepas para peserta Sepeda Nusantara dari Lapangan Upacara Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura, yang nantinya akan melintasi rute jalan protokol Kota Sentani hingga ke jalan raya di wilayah Distrik Sentani Timur dengan jarak kurang lebih sekitar 42 Km.

 

Selain akan mampir sebentar di Stadion Barnabas Youwe sebagai etape 1, para peserta sepeda nusantara akan melalui Stadion Papua Bangkit dan finish di Kawasan Wisata Pantai Khalkote, Distrik Sentani Timur.

 

Kegiatan sepeda nusantara ini dilakukan untuk mengawali kemeriahan peringatan HUT ke-73 Republik Indonesia (RI).

 

Sepeda Nusantara diberangkatkan dari Lapangan Upacara Kantor Bupati Jayapura mulai pukul 06.00 WIT, yang juga akan diikuti anak-anak menggoes sepedanya.

 

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kabupaten Jayapura, Hans Monim menuturkan, kegiatan sepeda nusantara ini dilakukan dalam rangka mengawali peringatan HUT ke-73 Republik Indonesia (RI) di Kabupaten Jayapura.

 

Sepeda nusantara ini merupakan permintaan kami di Dispora ke pihak Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI, sehingga kami dengan Kemenpora bersedia melakukan kerjasama dan Kemenpora memberikan satu kegiatan kepada kami yaitu, Sepeda Nunsantara ini, kata Hans Monim kepada wartawan harian ini usai kegiatan Bimtek Sepeda Nusantara, di Aula Lantai I Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura.

 

Sepeda nusantara ini, bertujuan untuk mengajak masyarakat guna berolahraga dan bersemangat dalam rangka mensukseskan peringatan HUT ke-73 RI.

 

“Dengan adanya kegiatan ini, kami mengajak masyarakat untuk berolahraga. Kemudian mereka harus memiliki semangat untuk mensukseskan peringatan kemerdekaan RI yang ke-73,”ujar  Hans Monim didampingi Ketua Panitia HUT RI Abdul Rahman Basri, S.Sos, M.KP, dan Sekretaris Panitia HUT RI Rustan Mida, S.Sos, M.KP, usai memimpin kegiatan Bimtek Sepeda Nusantara, Jumat (27/7/2018) kemarin sore.

 

“Kami dari Dispora mencari kegiatan olahraga di Kemenpora, ternyata kami diberikan kegiatan sepeda nusantara tersebut. Untuk itu, kami atas nama Pemerintah Kabupaten Jayapura ucapkan terima kasih serta sangat senang, sangat bersyukur dan menerima kegiatan sepeda nusantara dari Kemenpora ini untuk dilaksanakan di Kabupaten Jayapura,” ucapnya.

 

Selain sebagai momen peringatan HUT ke-73 RI, kegiatan sepeda nusantara ini juga sebagai ajang mensosialisasikan dan persiapan menuju iven PON XX Tahun 2020 di Provinsi Papua. Kegiatan sepeda nusantara ini akan diawali dengan senam sepeda yang akan diikuti kurang lebih sekitar 250 orang.

 

Untuk kegiatan sepeda nusantara pada Sabtu (28/7/2018) pagi ini, pihak panitia  akan menyiapkan door prize berbagai macam hadiah menarik lainnya. (Irfan / Koran Harian Pagi Papua)