Pertama di Papua,  Pemkot Jayapura Launching  Aplikasi SIMDA Perencanaan

0
477
Acara Launching yang ditandai dengan pengguntingan pita yang dilakukan oleh Plh. Sekda Kota Jayapura, Drs. M. Nurjainudin Konu. MKP, disaksikan oleh Kepala BKPP RI Perwakilan Papua, Sueb Cahyadi, Kepala Bappeda Kota Jayapura Rory C. Huwae, bersama sejumlah pimpinan OPD. (Humas)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Pemerintah Kota Jayapura, melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Jayapura, secara resmi meluncurkan Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMDA) Perencanaan, di Kantor Bappeda Kota Jayapura, Selasa.  (24/7/2018).

 

Hal ini ditegaskan dalam acara Launching yang ditandai dengan pengguntingan pita yang dilakukan oleh Plh. Sekda Kota Jayapura, Drs. M. Nurjainudin Konu. MKP, disaksikan oleh Kepala BKPP RI Perwakilan Papua, Sueb Cahyadi, Kepala Bappeda Kota Jayapura Rory C. Huwae, bersama sejumlah pimpinan OPD, bertempat Dengan di launchingnya aplikasi tersebut lebih menegaskan Kota Jayapura sebagai laboratorium inovasi dari 29 kabupaten/kota, dimana penggunaan aplikasi ini merupakan yang pertama kalinya digunakan dalam penyelenggaran pemerintahan di Provinsi Papua.

Dalam rangka memenuhi penyelenggaraan pemerintahan daerah yang Bersih, Akuntable dan Transparan, sekaligus merupakan langkah awal dari bentuk keseriusan pemerintah daerah Kota Jayapura dalam penerapan sistem aplikasi perencanaan terpadu yang terintegrasi.

Launching Aplikasi ini merupakan Komitmen Pemerintah Daerah dalam penerapan implementasi dari penandatanganan Memori of Understanding (MoU) antara Pemerintah Kota Jayapura dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Republik Indonesia Perwakilan Papua tertanggal 07 November 2017 lalu, sebagai langkah pencegahan korupsi teritergrasi berbasis elektronik dengan penerapan e-Planing dan e-Bugeting.

 

“Rencana pembangunaan daerah merupakan urusan wajib yang menjadi kewenangan daerah dalam rangka penyelenggaran pemerintahan daerah, sebagai suatu kesatuan dalam sistem perencanaan pembangunaan nasional, karena itu perencanaan pembangunan nasional saya rumuskan secara transparan, refrensif, efisien, efektif dan akuntable, partisipatif, terukur, berkeadilan dan berkelanjutan, yang akan bermuara pada terciptanya, pemerintahan yang baik, bersih atau Good Goverment dan Clean Goverment, ”ujar Plh. Sekda Kota Jayapura, Drs. M. Nurjainudin Konu. MKP.

 

Sementara itu, Sueb Cahyadi, selaku kepala perwakilan BPKP RI Provinsi Papua, yang turut menghadiri acara launching ini memberikan apresiasi kepada pemerintah daerah Kota Jayapura yang berkomitmen menerapkan reformasi administrasi di Provinsi Papua.

Disampaikannya, dengan demikian pemerintah Kota Jayapura telah melengkapi penerapan aplikasi pada BKPP RI yang sesuai dengan regulasi yang ditetapkan dalam rangka penyelenggaran pemerintahan yang efektif, karena merupakan kebutuhan e-Planing dan e-Bugeting yang terintegrasi pada pemerintahan.

“Saya memberikan apresiasi kepada pemerintah Kota Jayapura yang berkomitmen memberikan reformasi administrasi di Tanah Papua, di buktikan dengan menjadi pemerintah daerah pengguna simda perencanaan di papua yang pertama kali melaksanakan lounching SIMDA Perencanaan, sekaligus menandai lengkapnya penggunaan aplikasi BPKP di pemerintah Kota Jayapura.

Aplikasi SIMDA Perencanaan yang telah di Launching ini selanjutnya secara elektronik akan terintegrasi pada aplikasi perencanaan daerah di Kota Jayapura yang telah ada sebelumnya yakni, Aplikasi SIMDA.

“Dalam penerapan e-Planing Pemerintah Kota Jayapura melakukan proses kerjasama dengan BPKP RI Perwakilan Provinsi Papua,yang penerapannya menggunakan simda perencanaan yang terintegrasi dengan SIMDA keuangan dan simda barang milik daerah, untuk itu Badan Perencanaan Daerah telah melakukan kerjasama dengan BPKP RI guna penyelarasan penggunaan ke-tiga aplikasi tersebut secara Nasional,”tuturnya. (Humas Setda Kota Jayapura)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here