Masyarakat Paniai. (ISTIMEWA)

PANIAI (LINTAS PAPUA) –  Anggota KPU Papua, Tarwinto mengatakan, Delapan parpol tersebut, sudah mendaftarkan masing-masing 25 nama untuk diajukan sebagai bakal calon legislatif DPRD Kabupaten Paniai untuk bertarung pada Pemilihan Legislatif 2019 mendatang.

Sebagaimana diketahui, dari 16 Partai Politik (Parpol) peserta Pemilu 2019, hanya delapan parpol yang dinyatakan memenuhi syarat pencalonan oleh KPUD Kabupaten Paniai.

 

“Untuk pendaftaran sendiri sebenarnya ada 9 parpol, namun satu parpol tidak memenuhi syarat, dan 8 parpol  lainnya sudah mendaftarkan nama-nama bacalegnya sesuai jadwal tahapan yang ada,” kata Tarwinto, Kamis (26/7/2018) di Enarotali

 

Adapun delapan partai politik yang dimaksudkan, PDI Perjuangan, Nasdem, Partai Garuda, PPP, Hanura, PKPI, PKB, dan PBB, sedangkan parpol yang dinyatakan belum memenuhi syarat (BMS) adalah Partai Berkarya. “ Masing-masing parpol mendaftarkan 25 bacaleg,” kata Tarwinto menegaskan untuk tahapan Pileg di Kabupaten masih diambil alih oleh KPU Provinsi Papua sebagaimana SK 76 KPU Papua Tahun 2018.

Masyarakat Paniai antusias memberikan dukungan atas pasangan calon yang diusung, (ISTIMEWA)

lebih lanjut Tarwinto mengatakan, secara keseluruhan total bacaleg DPRD Kabupaten Paniai pada Pileg 2019 mendatang sebanyak  200 orang, yang terdiri dari 136 laki-laki dan 64 perempuan. “Kesemuanya ini sudah memenuhi kuota 30 persen keterwakilan perempuan,” katanya.

 

Terkait dengan dokumen kelengkapan syarat calon hingga 21 Juni lalu, dari 200 bacaleg yang didaftarkan Parpol, hanya 24 bacaleg dari Partai Bulan Bintang (PBB) saja yang dinyatakan memenuhi syarat.

“Dari 25 Calon dari Parpol PBB 24 diantaranya dinyatakan MS, sementara 175 bacaleg dari tujuh parpol termasuk satu orang bacaleg dari PBB harus melengkapi berkas yang dinyatakan kurang,” katanya menambahkan sebagaimana tahapannya KPU memberikan waktu dari tangga 22-31 Juli mendatang untuk melengkapi berkas persyaratan bacaleg yang kurang. (*)