JAYAPURA (LINTAS  PAPUA)- PT Bank Negara Indonesia (BNI) adalah satu-satunya perbankan yang diberi izin oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)  dan Bank Indonesia (BI) untuk meluncurkan inovasi pembayaran digital berbasis aplikasi Your All Payment (YAP)  khusus untuk nasabah BNI.

 

Pimpinan Bidang Pemasaran dan Bisnis BNI Cabang Jayapura Ronny Sung menjelaskan, sejak diluncurkannya aplikasi YAP pada awal Januarai 2018 lalu, kini pengguna aplikasi YAP di kota Jayapura terus meningkat.

 

“Untuk datanya kami belum bisa pastikan, karena langsung dari Kantor BNI Pusat, target kami di Jayapura pengguna aplikasi ini 23.000 nasabah, kami juga sudah bekerjasama dengan 300 merchant di titik-titik lokasi yang sering di kunjungi nasabah seperti SAGA Mall, Cafe BOB, Phoenam, Kopi Tiam, dan beberapa perhotelan di Jayapura,” jelasnya kepada HPP diruang kerjanya Jumat (20/7/2018).

 

Kata Ronny, aplikasi YAP tersebut dihadirkan untuk mempermudah nasabah BNI pada saat bertransaksi hanya menggunakan smarthphone di genggaman, nasabah tidak perlu membawa dompet tebal pada saat bepergian atau berbelanja cukup membawa handphone di genggaman sudah bisa melakukan transaksi dimana dan kapan saja.

 

“Meskipun dompet nasabah ketinggalan pada saat bertransaksi tidak perlu khawatir karena aplikasi ini bisa mengatasi masalah tanpa masalah, jadi ini bukan top up, pada saat melakukan transaksi otomatis terpotong langsung dari rekening nasabah,” jelasnya.

 

Untuk merangkum semua jaringan, selain bekerjasama dengan kurang lebih 300 merchant ditambah 46 agen yang sudah dimiliki BNI, saat ini pihaknya juga gencar-gencarnya sosialisasi ke sekolah-sekolah khususnya di kantin sekolah.

 

“Menyebarluaskan penggunaan YAP ini salah upaya kami untuk mendukung program pemerintah ini bagian dari edukasi kami untuk transaksi non tunai,” kata Ronny.

 

Lanjutnya, dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) BNI yang ke 72, kata Ronny ada 11 lokasi yang sudah ditentukan untuk berlakukan promo mengenai YAP, nasabah yang bertransaksi di 11 titik lokasi tersebut dan menggunakan aplikasi YAP akan mendapatkan diskon sebesar 30% maksimal transaksi Rp300.000.

 

Menariknya, saat ini pihaknya juga telah menyediakan gerobak mini YAP yang disediakan outlet pelayanan. “Jadi kalau ada nasabah melakukan transaksi belanja mereka bisa memilih ada beberapa item yang harganya Rp72.000 dan diskon sebesar 72 persen, kami juga akan sediakan di kantor Abepura, Sentani, dan Timika,” imbuhnya.

 

Melihat respon nasabah cukup tinggi untuk penggunaan pembayaran zaman now ini, ia berharap kedepannya pengguna aplikasi ini terus bertambah dan menjadi viral di kota Jayapura. (Nia/nn/Koran Harian Pagi Papua)