Striker Persipura, Hilton Morera mencoba keluar dari hadangan pemain belakang PSIS Semarang pada pertandingan Gojek Liga I bersama Bukalapak di Stadion Mandala, Rabu (18/7/2018)

JAYAPURA (LINTAS  PAPUA) –  Persipura Jayapura harus cepat memiliki kerangka tim yang tepat untuk menuntaskan sisah pertandingan sebelum masuk ke putaran kedua Liga 1 Gojek Bersama Buka Lapak 2018. Persipura sendiri harus  cepat dengan masa  transisi usai pergantian pelatih di tengah jalan.

“Saya kira dengan kita melepas pelatih yAng kemarin dia di keluarkan di tengah jalan pasti akan ada kesulitan,  karena terjadi transisi disitu,” ujar mantan kapten tim Persipura,  Eduard Ivakdalam, kepada awak media di Stadion Mandala, Jumat, (20/07/2018) kemarin.

Terjadinya transisi maka dengan pelatih yang baru datang awal tim star saya melihat kita kemarin sampai gagal dan di tahan imbang saat menghadapi PSIS Semarang, dan di luar menghadapi PSMS Medan saya lihat kita dapat hasil untu gentiankan poin yang hilang, tetapi kemarin justru kita kecolongan.

“Saya lihat dipermainan mereka kemarin, kita banyak kekurangan di pasing dan support kita putus disitu akhirnya setelah kita pasing bola untuk teman dia kesulitan untuk olah bola, karena tidak ada support dari temannya. Ini yang saya lihat kita punya kesulitan di beberapa pertandingan terakhir,” tuturnya.

“Itu yang sudah saya sampaikan pasing support itu lambat dalam arti pemain selama dengan pelatih sebelumnya Peter Butler dia tampil dengan formasi yang berbeda terus dengan yang sekarang ini mungkin kita kembali ke yang lama.

Pemain Persipura berlatih serius jelang laga menjamu PSM makasar di stadion Mandala, Senin (4/6/2018) . (ISTIMEWA)

“Banyak pemain-pemain muda yang belum bisa ikut irama ritme permainan dengan dia punya senior, makanya dengan kemarin kita gagal, harus ada evaluasi kembali. Kalau tim ini dia mau naik keatas harus ada banyak evaluasi, terutama dalam segi kita punya permainan, harus cari kerangka tim yang pas untuk kita berjalan, karena ini sudah mau masuk putaran kedua sedangkan kita masih bongkar pasang kerangka tim, muda-mudahan dengan satu dua pertandingan ini mereka evaluasi  supaya putaran kedua kita bisa solid,” ungkap Pelatih Persemi Mimika  saat ini.

Edu menambahkan, selama ini dia juga melihat tim masih lakukan uji coba  sedangkan kompetisi sudah jalan, kita kerangka tim inti harus sudah bisa disiapkan karena kita punya target setiap pertandingan harus poin penuh.

“Akhirnya macam begitu kita mulai diteriaki sama masyarakat terus kita tidak terima dan itu  dulu kita sudah rasakan itu makanya kita betul-betul harus siapkan diri dengan baik masuk ke pertandingan terutama pertandingan kandang. Karena kandang kita wajib hukumnya untuk menang, karena kita punya masyarakat yang datang mengharapkan banyak dari kita setiap pemain. Mereka tidak mau tau apa yang terjadi dalam kita punya tim, apa yang terjad dengan pemain di tidak mau  tau. Yang penting mereka datang kesini untuk tim ini harus menang,” tandasnya.

Tinus Pae, saat fokus latihan. Sehari Jelang laga melawan Persebaya Surabaya, Persipura Jayapura jalani Official Training di Stadion Gelora Bung Tomo, Senin (28/05) Pagi. (Foto Syaiful Ahmad Paembonan – Persipura Official Facebook)

Untuk itu betul-betul kita harus fokus disetiap pertandingan dan semua harus bisa terlibat dan semua harus memiliki rasa memiliki Persipura, semua harus mencintai Persipura,  sehingga ketika kita bermain betul-betul saya keluarkan kemampuan untuk tim ini, jangan kita kerja setengah-setengah.

Masyarakat mungkin melihat bahwa kita banyak yang kerja tidak dengan hati, makanya ada pemberontakan dari kita punya penonton sendiri. Itu tidak bagus bagi saya yang saya lihat. Kita Persipura beberapa musim kebelakang ini kan kita masih bagus.

“Ini cepat harus kita benahi sebelum lebih parah lagi, harus cepat manajemen, pelatih dan pemain harus duduk sama-sama. Karena yang buat sesuatu mereka dalam tim, kita yang dari luar tim kita tidak tau apa yang terjadi di mereka. Tapi tiga komponen solid. Saya pikir kita semua akan jalan baik,” tutup Edu. (Geis Muguri / Koran Harian Pagi Papua)