Wakil Wali Kota Jayapura Ir. H. Rustan Saru, MM., saat berikan imunisasi pada pencanangan imunisasi Measles dan Rubella (MR) di Taman Yos Sudarso. (Elsye / HPP)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Dengan mengacu pada tema nasional Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Republik Indonesia (RI) yaitu ‘Kerja Kita Prestasi Bangsa’, Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura mencanangkan bulan kemerdekaan HUT ke-73 RI berserta kegiatan, sekaligus mencanangkan Imunisasi Polio, Campak dan Rubella, yang ditandai dengan pengguntingan balon udara oleh Wakil Wali Kota Jayapura, Ir. H. Rustan Saru, MM bertempat di Taman Yos Sudarso Kota Jayapura, Jumat (20/7).

Hadir dalam kegiatan itu, Ketua, Wakil dan anggota DPRD Kota Jayapura, Dandim 1701 Jayapura, Kapolres Jayapura Kota, Kajari Kota Jayapura, Plh. Sekda Kota Jayapura, para asisten dan staf ahli, serta semua pimpinan Organisasi Perangkat Daerah dan Aparatur Sipil Negara dilingkup Pemkot Jayapura, BUMN/BUMD, TNI/Polri, swasta, pelajar dan masyarakat umum.

Wakil Wali Kota Jayapura, Ir. H. Rustan Saru, MM mengatakan, pencanangan yang dilakukan merupakan wujud nyata untuk mengisi kemerdekaan, dan sebagai bukti komitmen untuk memajukan serta meningkatkan perubahan nyata bagi semua.

“Kemerdekaan yang sudah kita miliki ini tidak terlepas dari pengorbanan perjuangan para pendahulu kita, untuk itu sebagai generasi bangsa kita berkewajiban untuk mengisi kemerdekaan dengan sungguh-sungguh sesuai dengan profesi dan tugas kita masing-masing di tempat kita bekerja,” ucapnya.

Sesuai dengan sub tema ditingkat Kota Jayapura yaitu Dengan semangat kemerdekaan RI kita tingkatkan kinerja, inovasi, kreatifitas dan prestasi membangun kota yang beriman untuk kemuliaan Tuhan, Rustan berharap kepada semua kalangan mansyarakat agar dapat memaknai dan menjunjung tinggi semangat nasionalisme dalam kehidupann berbangsa dan bernegara.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana HUT ke-73 RI, Betty A. Puy menyampaikan ada sebanyak 33 rangkaian program dan kegiatan dari OPD dilingkungan Pemkot Jayapura yang akan dilaksanakan menjelang 17 Agustus 2018, yang akan melibatkan partisipasi TNI/Polri, BUMN dan BUMD, swasta dan masyarakat.

Campak dan Rubella adalah penyakit infeksi menular melalui saluran napas yang disebabkan oleh virus. Campak dapat menyebabkan komplikasi yang serius seperti diare, radang paru (pneumonia), radang otak (ensefalitis), kebutaan bahkan kematian.. Tampak foto bersama dengan Kepala Dinas Kesehatan Kota Jayapura, dr. Ni Nyoman Sri Antari di Taman Imbi. (Owen/ Humas)
Kepala Dinas Kesehatan Kota Jayapura, dr. Ni Nyoman Sri Antari, saat wawancara. (Owen /Humas)

Betty menjelaskan puncak perayaan HUT RI nantinya yakni pada 16 Agustus akan dilakukan pengukuhan pasukan pengibar bendera merah putih tingkat Kota Jayapura, dan 17 Agustus akan digelar upacara detik-detik proklamasi, pengibaran dan penurunan bendera.

Kemudian, malam hiburan rakyat yang akan diadakan di Taman Yos Sudarso pada 18 Agustus mendatang.

Adapun kegiatan pencanangan tersebut dimeriahkan dengan jalan santai, senam bersama, penarika undian doorprize, pelayanan administrasi kependudukan atau gerakan Indonesia sadar administrasi, pelayanan pengobatan gratis, imunisasi MRP serta pelayanan KB gratis. (. (Elsye Sanyi / Koran Harian Pagi Papua)