Wali Kota Jayapura, DR. Benhur Tomi Mano, MM. (Elsye Sanyi / HPP)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Wali Kota Jayapura DR. Benhur Tomi Mano, MM berencana akan mengandeng sejumlah pengusaha papan atas asal Singapura untuk berinvestasi di Kota Jayapura.

Putra asli Port Numbay yang akrab disapa BTM, mengungkapkan, hal tersebut terkait dengan targetnya Kota Jayapura menuju Smart City, sehingga dalam kesempatan itu ia juga menjelaskan kepada para pengusaha tentang berbagai langkah yang telah dilakukan pihaknya guna mendukung menuju Smart City.

“Dari hasil diskusi dengan para pengusaha Singapura, mereka terkagum-kagum untuk mengembangkan konsep Smart City di Kota Jayapura. Selain itu, mereka juga berencana membantu dalam berinvestasi dibidang pariwisata,” ujar  BTM di Jakarta, Jumat (20/7), usai mengikuti program Study Visit selama 16-19 Juli 2018 di Singapura, yang diselenggarakan oleh Civil Service College (CSC) Singapura bekerjasama dengan Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesias.

Dari hasil diskusi itu, BTM mengungkapkan bahwa salah satu rahasia Singapura dapat maju ialah mendapat dukungan dan partisipasi masyarakatnya, sehingga kota yang kecil dan mungil itu dapat menjadi bersih dan hijau.

Terkait dengan dukungan masyarakat di Kota Jayapura dalam mendukung setiap program pemerintah, menurutnya masih sangat kurang.

“Walaupun kita sudah memiliki Peraturan Daerah, misalnya tentang larangan membuang sampah di sembarangan tempat serta waktu-waktu membuang sampah, tapi kalau tidak ditaati maka akan sulit untuk mencapai itu,” imbuhnya.

Benhur Tomi Mano mengaku, dirinya memiliki keinginan besar untuk membangun Kota Jayapura hingga sejajar dengan kota-kota besar lainnya di Indonesia, namun hal itu tidak terlepas dari dukungan dan partisipasi masyarakat, serta bantuan dari Pemerintah Provinsi Papua, khususnya dalam membenahi infrastruktur hingga penataan kawasan di Kota Jayapura yang adalah ibukota Provinsi Papua.

Dalam rangka memulai peluang kerjasama tersebut, BTM berhasil mengundang para pengusaha atau calon investor itu untuk datang menyaksikan Festival Teluk Humboldt ke 10 di Kota Jayapura dalam waktu dekat ini. (Elsye Sanyi / Koran Harian Pagi Papua)