Kepala Disperindagkop dan UKM Kota Jayapura, Robert L.N. Awi., saat melepas tanda kenal peserta saat penutup pelatihan di Diklat Sosial Kampkey. (Elsye Sanyi / HPP)

 

Kepala Disperindagkop Kota Jayapura, Robert L. N. Awi, saat diwawancara. (Fransisca/LintasPapua.com)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop dan UKM) Kota Jayapura, Robert L.N. Awi, ST. MT berharap kepada para pelaku usaha Industri Kecil dan Menengah (IKM) harus bisa kreatif dan produktif dalam memenuhi permintaan pasar.

Hal itu disampaikannya saat penutupan pelatihan Gugus Kendali Mutu (GKM) dan Penerapannya pada program pengembangan IKM Tahun Anggaran 2018, di Balai Diklat Sosial Provinsi Papua Distrik Abepura, Kamis (19/7/2018) kemarin.

Robert mengatakan,  komitmen dan kebijakan pemerintah dalam membuat program berkelanjutan, dilaksanakan dengan satu tekad dan semangat agar pertumbuhan IKM di Kota Jayapura dapat terus berkembang menjadi pelaku ekonomi yang berdaya saing sehingga mampu memberikan kontribusi memperkuat ekonomi daerah.

“Bapak dan Ibu sebagai pelaku usaha merupakan pioner atau tulang pungung perekonomian Kota Jayapura, tanpa kalian program kami di pemerintah akan sia-sia,” paparnya.

Untuk itu, ia berharap, kedepannya ada perubahan dan peningkatan yang diciptakan oleh pelaku usaha IKM guna memenuhi permintaan pasar.

Menurutnya, para peserta yang terdiri dari 25 orang itu akan mendapatkan pendampingan secara berkelanjutan dari dinasnya.

Sementara itu, Ketua panitia selaku Kepala Bidang Sistem Industri di Disperindagkop dan UKM Kota Jayapura, Achmad N. Saichul menyampaikan untuk menjadi peserta latihan GKM dan penerapannya, salah satu syaratnya ialah warga yang secara aktif menjalankan usahanya.

“Jadi peserta yang direkrut ialah peserta yang telah memiliki usahanya sendiri seperti pembuat noken, pengrajin kerajian tangan dari manik-manik, pembatik, penjual bunga dari sedotan, penghasil abon ikan cakalang, itu yang menjadi peserta kegiatan ini,” jelasnya.

Achmad menambahkan,  peserta yang telah mengikuti pelatihan tersebut akan didampingi terus oleh pihaknya, guna meningkatkan kesejahteraan pelaku usaha IKM.

Adapun peserta yang direktur berasal dari Distrik Abepura, Heram, Jayapura Utara dan Jayapura Selatan. (Elsye Sanyi / Koran Harian Pagi Papua)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here