Pemkab Jayapura  Bantu  3 Mesin Pertanian  di Kampung Berap

0
1541
Wakil Bupati (Wabup) Jayapura, Giri Wijayantoro, didampingi Kepala Dinas TPH Kabupaten Jayapura Adolf Yoku, S.IP, M.M., ketika menyerahkan secara simbolis alat mesin pertanian kepada perwakilan kelompok tani asli Papua, di Kampung Berap, Distrik Nimbokrang, Kabupaten Jayapura, Kamis (19/7/2018). (Irfan / HPP)

SENTANI (LINTAS  PAPUA) – Guna mendukung kerja petani serta meningkatkan usaha pertanian dan mendapatkan hasil yang melimpah, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura melalui Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura (TPH) menyerahkan 3 alat dan mesin pertanian (Alsintan) kepada kelompok tani (Keltan) asli Papua yang ada di Kampung Berap, Distrik Nimbokrang, Kamis (19/7/2018) kemarin.

Penyerahan 3 Alsintan kepada petani orang asli Papua ini diserahkan secara simbolis oleh Wakil Bupati (Wabup) Jayapura, Giri Wijayantoro, didampingi Kepala Dinas TPH Kabupaten Jayapura Adolf Yoku, S.IP, M.M., juga disaksikan Kepala Distrik Nimbokrang, M. Nurdin, Anggota DPRD Kabupaten Jayapura Abraham Demonggreng, sejumlah Kepala OPD di lingkup Pemkab Jayapura dan ratusan masyarakat setempat.

“Kami menginginkan bantuan yang di berikan pemerintah ini dapat di gunakan sebaik-baiknya sesuai kegunaannya untuk menolong usaha pertanian warga, dan juga tidak boleh diperjualbelikan ataupun disewakan, pinta dengan tegas Wakil bupati (Wabup) Jayapura, Giri Wijayantoro dalam arahannya, Kamis (19/7/2018).

“Kami mendorong petani yang ada di kampung ini untuk mengembangkan usaha pertanian harus menggunakan alat dan mesin pertanian yang modern. Dengan demikian, petani tradisional di kampung-kampung yang menekuni usaha pertanian hanya untuk konsumsi akan menjadi petani modern guna peningkatan ekonomi keluarga,” lanjut Wabup Giri.

Dikatakan Wabup Giri, melalui usaha pertanian padi sawah yang sedang di kembangkan atas bantuan Dinas TPH bagi masyarakat atau petani asli Papua di Kampung Berap ini kedepannya dapat memberikan perubahan pola pikir untuk membuka diri dan menerima perkembangan pembangunan dalam bidang pertanian dengan menggunakan pola tekhnologi.

Senada dengan hal itu, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura (TPH) Kabupaten Jayapura, Adolf Yoku, S.P, M.M., menuturkan, alat yang dibantu sepenuhnya adalah bantuan pemerintah bagi warga guna mewujudkan visi misi Kabupaten Jayapura yang mandiri dan sejahtera.

Dikatakan Kadis Adolf, tiga alat dan mesin pertanian yang diserahkan diantaranya berupa 1 unit hand tracktor (traktor tangan), 1 unit rice transplanter (mesin tanam padi) dan 1 unit mesin pompa air. Kedepan pengelolaan sawah di Kampung Berap ini akan dilakukan menggunakan mesin.

Lebih lajut Adolf, teknologi modern pertanian akan di terapkan bagi petani di  Kabupaten Jayapura. Penerapan teknologi pertanian di lakukan hanya untuk membantu masyarakat dalam meningkatkan hasil produksi pertanian bernilai ekonomis.

“Semua alat ini dalam kondisi baik dan bagus. Untuk itu, saya minta kepada kelompok tani sebagai penerima manfaat agar dapat menjaga dan dapat digunakan dengan sebaik-baiknya untuk kepentingan pengembangan bidang pertanian di waktu-waktu mendatang, harapnya.

“Kami juga setelah menyerahkan peralatan mesin pertanian ini, sebelumnya kami telah melatih cara penggunaaan sampai cara memperbaiki mesin tersebut. Ada petugas penyuluh kami yang akan mendampingi petani dalam penggunaan alat mesin pertanian tersebut,” tutur  pria yang pernah menjabat Kepala Benih Padi Provinsi Papua di Kabupaten Merauke. (Irfan / Koran  Harian Pagi Papua)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here