Berprestasi,  GKM Anggrek Akan Wakili Kota ke Tingkat Provinsi

0
408
Kepala Disperindagkop dan UKM Kota Jayapura, Robert L.N. Awi foto bersama juara I, kelompok GKM Anggrek di Diklat Sosial Kampkey. (Elsye /HPP)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Selama tiga hari mengikuti pelatihan Gugus Kendali Mutu (GKM) dan Penerapannya pada program pengembangan IKM Tahun Anggaran 2018, yang digelar oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop dan UKM) Kota Jayapura, di Balai Diklat Sosial Provinsi Papua Distrik Abepura, GKM Anggrek berhasil meraih juara I ditingkat Kota Jayapura yang bakal disiapkan untuk mewakili Kota Jayapura di tingkat Provinsi.

Adapun hasil tersebut diputuskan oleh Juri sekaligus sebagai Instruktur selama pelatihan berlangsung, yang berasal dari Kementerian Perindustrian dan UKM, Rosman Berlian.

Rosman menjelaskan beberapa aspek yang dinilainya antara lain dari pembuatan risalah, kerjasama kelompok, penguasaan materi, diskusi dan tanya jawab, serta presentasi kelompok.

“GKM Anggrek raih nilai 370, GKM Hen T’chahi raih 350 nilai, GKM Kasih Raih 270 nilai dan GKM 3S raih 260,” ucapnya membacakan hasil evaluasi tiap-tiap kelompok pelatihan.

Sementara itu, Kepala Disperindagkop dan UKM Kota Jayapura, Robert L.N. Awi, ST. MT. mengaku, pihaknya akan melakukan pembinaan dan pendampingan secara berkesinambungan terhadap pelaku usaha IKM, khususnya bagi GKM Anggrek yang lolos untuk mengikuti lomba di tingkat provinsi sebagai perwakilan dari Kota Jayapura.

“Pendamping tersebut semata-mata agar produk yang dihasilkan oleh IKM Kota Jayapura dapat terus bersaing dan sejajar dengan daerah lain serta dapat terus bertumbuh dan berkembang menjadi kegiatan usaha yang menguntungkan sehingga dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ucapnya di Balai Diklat Sosial Provinsi Papua, Kamis kemarin.

Menurutnya, nama-nama seluruh peserta kegiatan pelatihan GKM dan penerapannya telah terdaftar dalam database didinasnya, sehingga dapat memepermudah timnya pada saat pendampingan nanti.

Ia berharap,  kepada GKM Anggrek agar terus tingkatkan kreatifitas dan produktifitas sehingga dapat meraih juara 1 lomba di tingkat provinsi maupun nasional, yang akan digelar dalam tahun ini.

Sementara itu, ketua kelompok GKM Anggrek, Silva Marani memberikan apresiasi dan penghargaan kepada Disperindagkop dan UKM Kota Jayapura yang telah mengadakan pelatihan yang bermanfaat bagi pelaku usaha IKM di Kota Jayapura.

“Terima kasih telah melibatkan kami dalam pelatihan yang telah diikuti sejak 16-19 Juli, kiranya ilmu yang kami dapat dari Bapak Instruktur, bisa kami terapkan dalam usaha IKM masing-masing,” ucapnya senang.

Sebagai perwakilan Kota Jayapura, dirinya bersama 5 orang timnya mengaku bangga dan senang mendapat kesempatan mengikuti lomba di tingkat provinsi dalam waktu dekat ini.

“Kami akan terus belajar, mempersiapkan diri kami dengan baik sehingga Kota Jayapura dapat meraih juara I ditingkat provinsi,” katanya sangat antusias. (Elsye Sanyi / Koran Harian Pagi Papua)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here