Lapas Klas II B Serui Gelar Evaluasi Pengamanan Petugas

0
845
Kepala lembaga Pemasyarakatan kelas II B Serui, Andhi Yudho Sutijono mengatakan, bahwa segenap jajaran petugas pengamanan harus pedomani peraturan Menteri Hukum dan HAM RI Nomor 33 tahun 2015 tentang pengamanan pada Lapas dan Rutan /PPLPR. Tampak saat foto bersama. (Seo)

SERUI (LINTAS PAPUA)  –    Evaluasi pengamanan yang melibatkan semua petugas pengamanan Lapas  Klas II B  berlangsung diaula kantor setempat jalan Sumatera, Senin (16/7/2018).

 

Kepala lembaga Pemasyarakatan kelas II B Serui, Andhi Yudho Sutijono mengatakan,  bahwa segenap jajaran petugas pengamanan harus pedomani peraturan Menteri Hukum dan HAM RI Nomor 33 tahun 2015 tentang pengamanan pada Lapas dan Rutan /PPLPR.

“Mengingat  situasi keamanan dan ketertiban yang kondusif dalam Lapas dan Rutan merupakan syarat utama untuk mendukung terwujudnya keberhasilan pelaksanaan sistim pemasyarakatan,  sehingga perlu ada regulasi khusus yang mengatur pengamanan dilapas dan rutan,” kata  Andhi Yudho.

Dalam arahannya, disampaiakn pemahaman, agar petugas Lapas harus kerja keras, kerja cerdas serta kerja Ikhlas,  sehingga  selalu sigap dan tidak ketinggalan tuntutan profesionalisme kinerja.

“Dan berharap petugas bisa teliti, cermat dan tidak terjadi kelalaian atau perilaku petugas lapas yang justru akan merugikan. mengingat diera pemahaman tentang HAM yang makin meningkat diharapkan pula tidak muncul isu-isu pelanggarana HAM di dalam lapas,” katanya.

Dikatakan, bahwa  semua penanganan dan masalah keamanan serta pelanggaran tata tertib dalam Lapas yang dilakukan Narapidana maupun tahanan harus sesuai prosedur serta menghindari tindakan kekerasan yang tidak perlu.

“Untuk itu pemahaman SOP pengamanan harus ditingkatkan, mengingat kasus pelarian dua Napi tahun 2017 silam harus dijadikan pelajaran,”

Dirinya berharap,  semua lini pelayanan terhadap  Napi dan tahanan mempunyai visi dan tanggung jawab yang sama dan kongkrit,  sehingga Lapas  Serui menjadi lapas yang kondusif ,  buah hasil perubahan dan cara pikir semua petugas yang bertanggung jawab dan professional. (seo/HPP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here