Cek Klakuan Baik Kah Trada, Ratusan  Caleg 2019 di Papua Urus SKCK

0
446
Kapolres Jayapura Kota, AKBP Gustav R Urbinas, saat memberikan warning kepada anggotanya untuk tidak terlibat pungli. (tribrata/hpp)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Unit pelayanan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) di Mapolres Jayapura Kota, Senin (16/7/2018) siang, dipadati masyarakat yang sedang antri berjejer di kursi panjang ruang tunggu pengurusan SKCK.

 

Sebagian besar dari mereka adalah generasi muda yang mempersiapkan masa depannya; ada yang melanjutkan studi ke jenjang perguruan tinggi, mencari pekerjaan, dan ada pula yang akan mendaftar sebagai calon legislator untuk masa bhakti 2019-2023.

 

Pantauan Harian Pagi Papua, sekitar pukul 13.00 Wit, terlihat masyarakat hendak mengantri membuat sidik jari sebagai syarat kelengkapan SKCK.

 

Kepala Satuan Reskrim Polres Jayapura Kota AKP, Sugeng Ade Wijaya mengungkapkan, permintaan pembuatan SKCK belakangan ini mengalami peningkatan dari hari-hari sebelumnya.

 

“DI hari biasa paling banyak yang mengajukan pembuatan SKCK itu sekitar 50 orang, tetapi untuk saat ini bisa sampai 100 lebih per hari,” kata Sugeng saat ditemui HPP, siang itu.

 

Menurutnya, banyaknya permintaan pemngurusan SKCK dikarenakan surat tersebut merupakan salah satu syarat yang harus dilampirkan bagi para bakal calon legiskator (cakeg) yang akan ikut dalam perhelatan pemilihan legislatif (Pileg) 2019 mendatang.

 

“Sejauh ini pelayanan pada Polres Jayapura Kota  sudah lancar, karena pengurusan sudah secara online dan tidak perlu menggunakan tinta, atau secara manual namun sudah berbasis komputer. Boleh dikatakan pengurusannya sudah cepat dan masyarakat merasakan manfaatnya,” tutur Sugeng.

 

Nikolas Nubopati, salah satu warga yang baru selesai mengurus SKCK mengaku, merasakan pelayanan yang semakin baik dari kepolisian. Dirinya mengapresiasi pihak Polresta Jayapura atas pelayanan yang cukup baik yang diberikan bagi masyarakat. “Pelayanan yang di berikan kepolisian bagi kami sudah luar biasa,” akunya.

 

Di kesempatan berbeda, Kapolres Jayapura Kota AKBP Gustav R Urbinas, menyampaikan terimakasihnya kepada masyarakat atas tanggapan serya penilaiannya terhadap tugas dan kinerja kepolisian dalam hal pelayanan.

 

Ia menyatakan, akan menjaga komitmennya dalam menerapkan Zona Integritas Polri, mewujudkan transparansi serta Polri yang bersih dari hal-hal yang bersifat koruptif.

 

“Artinya  jangan sampai ada keluhan dari masyarakat, dan kami akan selalu mengedepankan pelayanan secara  cepat, tepat dan tanpa ada pungutan biaya apapun,” tegasnya. (Paul/ab / Koran Harian Pagi Papua)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here