Suasana Pembukaan Liga Tiga Zona Papua (Yunus Antaribaba Facebook)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  – Persewar Waropen berhasil merebut 3 poin setelah berhasil mengalahkan Sarmi FC dengan skor cukup telak yakni 5-2 untuk keunggulan Persewar Waropen dalam lanjutan kompetisi Liga 3 Zona Papua yang berlangsung di Stadion Mandala, Jayapura, Senin, (09/07/2018) kemarin.

Kedua tim yang bermain ingin mendapatkan poin penuh bermain sangat luar biasa di laga tersebut. Persewar Waropen dan Sarmi FC ketika wasit Arthur Papara meniup pluit tanda pertandingan di mulai keduanya bermain saling menyerang dan menciptakan peluang-peluang berbahaya.

Sarmi FC berhasil unggul lebih dulu lewat gol yang di ciptakan oleh Rafiko B. Nawipa menit ke-12 dan berhasil mengubah skor menjadi 1-0 untuk keunggulan Sarmi FC. Persewar yang sudah tertinggal mencoba untuk menyamakan kedudukan, namun bola selalu kandas di pertahanan anak-anak Sarmi FC.

Persewar akhirnya bisa membalas ketertinggalan mereka di penghujung babak pertama lewat tendangan bebas dan di sambar oleh Ofri Halitopo menit ke 40. Tak berselang lama Sarmi FC berhasil memperbesar keunggulan menjadi 2-1 tepat di menit 45, Malvaro Rumbiak menambah keunggulan hingga babak pertama usai.

Masuk babak kedua Persewar yang sudah ketinggalan terus menggempur pertahanan Sarmi FC, namun anak-anak Waropen belum bisa menembus pertahanan Sarmi FC. Anak-anak Persewar tak bermain dengan tenang dan selalu saja kehilangan bola.

Pelatih Sarmi FC,   Jimmy Mak,  yang ingin mempertahan keunggulan anak asuhnya mencoba memasukan tiga pemainnya yakni Bernadus Damor Ambros Haluk dan Etius Magai dan menarik keluar Nehemia Dimor, Boas O. Yenseda dan Rafiko B. Nawipa. Pergantian ini cukup berhasil karena anak-anak Persewar Waropen susah untuk menembus pertahanan Sarmi FC.

Carolino Ivakdalam, yang sudah melihat anak asuhnya tertinggal terus saja memberikan motivasi dan dorongan agar pemainnya bisa bermain tenang untuk terus menyerang. Intstruksi itu berhasil serangan-serangan dari lini tengah yang di motori oleh Samuel Balinza akhirnya Persewar bisa menyamakan kedudukan lewat gol Tonny Rumatrai menit 74.

Suasana Tim saat menyambut pembukaan Liga 3 Zona Papua. (ISTIMEWA)

Satu kartu merah harus di dapatkan pemain Sarmi FC yang harus di usir keluar lapangan oleh wasit Arthur Papara setelah mengganjar keras pemain Persewar. Kekurangan satu pemain dari Sarmi FC di manfaatkan oleh Persewar untuk menggempur pertahanan anak asuh Jimmy Mak. Ofri Halitopo berhasil heatrick di laga itu setelah menambah dua gol menit ke 77 dan 85 serta Samuel Balinza yang menyumbangkan  1 gol tambahan menit  ke 90 di akhir laga sehingga Persewar berhasil menang 5-2.

Manajer Persewar Waropen Yulens Bonai Frits, SH. mengatakan, pertolongan Tuhan hari ini adik-adik boleh bermain dengan maksimal dan melaksanakan apa yang di instruksikan oleh pelatih bisa di terapkan di pertandingan tadi.

“Masih ada beberapa pertandingan kedepan, kami berharap untuk  lebih ditingkatkan untuk pertandingan-pertandingan berikut. Saya pikir ini masih panjang dan kita butuh konsetrasi dan saya harap melalui jajaran pelatih semua pemain bisa fokus laagi ke pertandingan berikutnya,” ujar Yulens Bonai kepada awak media, Senin, (09/07/2018) kemarin.

Yulens juga menambahkan, sesuai arahan Ketua Umum kami akan tetap berusaha untuk bisa lolos ke putaran nasional. Kami gagal di tingkat nasional muda-mudahan ini merupakan bagian yang bisa kita evaluasi untuk menjadi perubahan.

Sementara itu pertandingan di lapangan Berghendal Argapura PS. Elang Brimob mengalahan Perintang dengan skor 3-1, sedangkan di lapangan Angkatan laut, Persipuja di tahan imbang 1-1 dari Waribo. (Geis Muguri / Koran Harian Pagi Papua)