PB PON XX 2020, Mengeluarkan SURAT KEPUTUSAN Pembanguna STADION UTAMA KAMPUNG HARAPAN, tahap berikut PB PON XX 2020 menetapkan MASKOT LOGO JINGGEL, setelah itu Pembentukan SUB PB PON XX 2020, di 6 wilayah Pelaksanaan PON XX 2020, Semua itu harus di legalitas kan demi kelancaran persiapannya, PAPUA BISA, PAPUA SIAP, PAPUA JUARA. (Sumber Gustaf Pui, Petinggi PB PON XX 2020)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) Guna menghasilkan bibit muda berprestasi menuju penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020, Pemerintah Kota Jayapura melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Jayapura menggelar Kejuaraan Bola Basket Antar Klub U-20 memperebutkan piala bergilir Walikota Jayapura.

“Jadi kegiatan ini, sekaligus dalam rangka menyongsong peringatan HUT RI-73, karena sasaran basket ini bagaimana bisa hasilkan pemain muda bisa sumbangkan untuk target jangka pendek Kejurda bulan september di Timika, selain itu jangka panjang untuk PON 2020,” ujar Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kota Jayapura,  Rocky Bebena,  saat ditemui awak media di ruang kerjanya, Rabu (11/07/2018).

Lanjut Rocky, selain cabang olahraga bola basket ada beberapa cabor yang akan dipertandingkan yakni cabor Pencak Silat, Atletik dan Lomba Dayung Tradisional. “Kalau lomba dayung tradisional itu nanti kita sandingkan dengan festival teluk humbolt yang kita lombakan di Ringroad. Mudah-mudahan dari berbagai ajang ini ada terjaring atlet berprestasi,” katanya.

Mantan wartawan ini mengungkapkan,  Dispora Kota Jayapura kedepan bakal menggandeng pihak agar kejuaraan basket tersebut lebih meriah.

“Basket juga ini kan salah satu cabor prioritas Papua di PON, pasalnya di PON Jabar basket Papua mendapatkan medali perunggu, juga pernah perak. PON kali ini pastinya kita inginkan medali emas,” ungkapnya.

Rocky Bebena mengharapkan,  kepada para peserta dapat menjunjung tinggi sikap sportifitas dan fair play, sehingga kejuaraan berjalan dengan baik dan lancar. Sedangkan untuk lomba dayung tradisional yang dilakukan, pihaknya telah menyurat kepada setiap kepala kampung agar mengikutsertakan perwakilan dari kampung tersebut.

Kejuaraan Daerah (Kejurda), Karate memperebutkan piala bergilir Pangdam XVII/Cenderawasih resmi digelar, di Gedung Olahraga (GOR) Waringin Kotaraja, Kota Jayapura. (Geis Muguri /Koran Harian Pagi Papua)

“Kita sudah menyurat, harus ada perwakilan dari tiap kampung, jadi ketika perlombaan dikampung tobati ringroad masyarakat kunjungi festival teluk humbolt bisa menikmatinya. Ada dua nomor didayung beregu dua orang dan beregu lima orang dengan disiapkan perahu dari panitia,” tutupnya. (Geis Muguri / Koran Harian Pagi Papua)