Festival Teluk Humboldt 2017, Tampak sebuah pentas tarian Cenderawasih yang meriahkan lokasi festival di Pantai Hamadi pada 2017 lalu. (Eveerth Joumilena / HPP)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  – Dengan mengusung tema Beat of Culture atau Harmoni Budaya, Wali Kota Jayapura DR. Benhur Tomi Mano, MM.,  resmi melaunchingkan Festival Teluk Humboldt ke 10, ditandai dengan penabuhan tifa,  bertempat di Lantai I Mall Jayapura, Minggu (8/7/2018).

 

Melalui Festival Teluk Humboldt ke-10 itu, BTM sapaan akrabnya, berharap dapat mempromosikan potensi pariwisata Kota Jayapura secara khusus dan Papua pada umumnya.

 

Pelaksanaan festival akan dilakukan pada 5-7 Agustus 2018, sekaligus diharapkannya dapat ikut memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke 73 tahun pada 17 Agustus mendatang.

 

Menurutnya, perayaan festival tahun ini lebih unik karena akan diikuti 10 kampung adat di Kota Jayapura yang akan menampilkan tarian tradisional, kuliner, kerajinan tangan khas Port Numbay dan aksesoris Papua dan juga partisipasi sanggar-sanggar seni yang akan menampilkan tari kreasinya masing-masing.

Tan dan Monj Port Numbay, saat foto bersama Wali Kota Jayapura, DR. Benhur Tomi Mano, MM., dan Mantan Gubernur Papua, Klemen Tinal, usai pembukaan Festival Teluk Humbolt pada 2017 lalu. (Eveerth Joumilena /LintasPapua.com)

Dirinya berharap pelaksanaan festival nantinya dapat menarik banyak wisatawan lokal maupun internasional yang datang menikmati festival itu, sekaligus dapat meningkatkan ekonomi masyarakar lokal dan PAD Kota Jayapura.

 

“Pada pembukaan nanti akan menampilkan parade tifa dari masyarakat adat di 10 kampung dan sanggar seni di Kota Jayapura, ” paparnya.

 

Lanjutnya, Festival Humboldt merupakan event pariwisata yang dilakukan tiap tahun dan menjadi agenda tetap Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura.

 

Dan juga festival ini sudah masuk dalam kalender pariwisata nasional Krementerian Pariwisata yang dilaksanakan pada 5-7 Agustus.

Keindahan Teluk Youtefa. Disana terdapat masyarakat yang harus juga didata secara baik serta diberikan pelayanan secara baik. (Eveerth Joumilena / HPP)

“Untuk itu, saya minta kepada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Jayapura dapat membuat buku pelaksanaan satu dekade Festival Teluk Humboldt, dengan melihat potensi yang ada di Kota Jayapura,” harapnya.

 

Pada kesempatan itu, BTM menyampaikan terima kasih kepada pihak sponsor dan semua yang terlibat dalam pelaksanaan launching hingga festival nanti.

 

“Saya menyambut gembira dan menyampaikan terimakasih kepada seniman, penari, pemain suling,  dan semua yang akan terlibat menghibur warga kota. Saya harap wisatawan lokal dan asing untuk datang dan saksikan festival disepanjang ringroad Pantai Hamafi Kota Jayapura,” harapnya. (Elsye Sanyi / KORAN HARIAN PAGI PAPUA)