Pameran Apkasi Otonomi Expo  : Stand Kab. Jayapura Pamerkan Produk Unggulan Daerah

0
588
Ketua Panitia Tim Apkasi Otonomi Expo 2018 Tingkat Kabupaten Jayapura yang juga Kepala Dinas TPH Kabupaten Jayapura, Adolf Yoku, SP, MM. (ISTIMEWA)
Suasana Dalam pameran Apkasi Otonomi Expo 2018. (ISTIMEWA)

SENTANI (LINTAS PAPUA) – Stand Kabupaten Jayapura diramaikan pengunjung pada Pameran Apkasi Otonomi Expo (AOE) 2018 di Indonesia Convention Exhibition Bumi Serpong Damai (ICE-BSD) Tangerang, yang resmi dibuka Presiden RI Ir. H. Joko Widodo (Jokowi), Jumat (6/7/2018) lalu.

Acara yang berlangsung selama tiga hari, pada 6-8 Juli 2018 ini mengusung tema Trade, Tourism dan Investment diikuti oleh ratusan pemerintah kabupaten, Kementerian, BUMN, perusahaan swasta baik nasional dan multinasional, atase perdagangan dalam dan luar negeri serta para pelaku usaha skala industi kecil menengah.

Stand Kabupaten Jayapura yang menampilkan beberapa produk unggulan atau andalan itu menjadi salah satu stand yang paling banyak dikunjungi dan diserbu oleh banyak pengunjung yang menyinggahi stand Kabupaten Jayapura pada Apkasi Otonomi Expo (AOE) 2018 ini, kata Ketua Panitia Tim Apkasi Otonomi Expo 2018 Tingkat Kabupaten Jayapura, Adolf Yoku, S.P., M.M., di balik telepon selulernya ketika menghubungi wartawan harian ini, Sabtu (7/7/2018).
Adolf Yoku yang juga Kepala Dinas TPH Kabupaten Jayapura itu menjelaskan, bahwasannya pada ajang Apkasi Otonomi Expo 2018 ini juga didukung penuh oleh Bupati dan Wakil Bupati Jayapura.

“Untuk itu, kami ucapkan terima kasih kepada bapak Bupati dan Wakil Bupati Jayapura, yang telah mengikutkan tim Kabupaten Jayapura sebagai peserta dalam iven Apkasi Otonomi Expo 2018 ini,”  ucapnya.

Industri kerajinan dan sektor pariwisata serta produk unggulan di Kabupaten Jayapura harus terus didorong untuk bangkit, tumbuh dan berkembang. Momen ini sebagai sarana promosi agar kerajinan dan produk unggulan daerah Kabupaten Jayapura lebih dikenal di seluruh Indonesia dan juga dunia, sebutnya.

Pria yang pernah menjabat sebagai Kepala SPMA Pertanian di Kampung Harapan itu menjelaskan terkait produk-produk unggulan Kabupaten Jayapura yang ditampilkan pada iven Apkasi Otonomi Expo 2018 ini.

“Kami pada pameran expo ini membawa (menampilkan) produk unggulan dan andalan Kabupaten Jayapura, antara lain tanaman coklat (Kakao) baik bahan baku maupun bahan olahannya, yang kita bawa (tampilkan) untuk mengikuti expo ini,” sambung Adolf Yoku dengan singkat.

Lebih lanjut Adolf Yoku mengatakan untuk promo di bidang kelautan dan perikanan ditampilkan udang Lobster dan ikan Tuna. Juga yang sekarang lagi ngetrend saat ini adalah tanaman Sagu, karena sudah secara nasional menjadi salahsatu komoditas andalan dalam bidang ketahanan pangan.

Dikarenakan kita punya potensi tanaman Sagu yang cukup besar, “sehingga kita bawa bahan baku maupun bahan olahannya. Ini juga harus kita hadirkan untuk bisa dilirik oleh investor agar bisa berinvestasi dan bisa mengembangkan budidaya tanaman Sagu hingga masuk ke industri,” katanya.

 

Kemudian dari Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura, kita juga bawa beras Khenambay Umbay, buah merah dan ubi. Sedangkan dari Disperidagkop dan UMKM, kita bawa berbagai jenis kerajinan ukir-ukiran seperti ukiran kulit kayu, ukiran di baju dan topi yang khas Kabupaten Jayapura serta tas kulit kayu, terangnya. (Irf/ej)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here