Pameran Apkasi Otonomi Expo 2018   : Kabupaten Jayapura Raih Juara Kategori Stand Kreatif dan Favorit

0
748
Kepala Dinas TPH Kabupaten Jayapura, Adolf Yoku, ketika menerima penghargaan dalam Pameran tersebut. (ISTIMEWA)

 

 

 

 

 

 

SENTANI (LINTAS PAPUA)  –  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura mendapatkan prestasi gemilang dengan meraih predikat design stand kreatif dan favorit pada Pameran Apkasi Otonomi Expo (AOE) oleh Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) di Indonesia Convention Exhibition-Bumi Serpong Damai (ICE-BSD), Tangerang.

Pameran yang bertemakan, Trade, Tourism and Investment ini dibuka oleh Presiden RI Ir. H. Joko Widodo, yang dimulai dari tanggal 6-8 Juli 2018.

Ketua Tim Panitia Apkasi Otonomi Expo Tingkat Kabupaten Jayapura, Adolf Yoku, S.P., M.M., menyebutkan bahwa Kabupaten Jayapura berhasil menjuarai pameran AOE 2018 itu dengan penilaian design stand kreatif dan favorit.

“Suatu kebanggaan, Kabupaten Jayapura bisa mendapatkan predikat stand dengan design kreatif dan favorit, karena dari perwakilan kabupaten se-Indonesia yang mengikuti pameran, stand Khenambay Umbay Kabupaten Jayapura yang dinilai sebagai salahsatu stand terbaik. Design stand yang kreatif, serta materi yang ditampilkan mampu menarik perhatian para pengunjung, kata Adolf Yoku, ketika menghubungi Harian Pagi Papua via telepon seluler, Minggu (8/7) malam.

Ia mengatakan, keberhasil tersebut tidak terlepas dari kerja keras dan kekompakan para petugas pramu stand yang memberika pelayanan terbaik kepada setiap pengunjung dengan memberikan informasi mengenai peluang investasi yang ada di Bumi Khenambay Umbay.

Disampaikan rasa syukur, Puji Tuhan, pihaknya bisa  meraih juara stand kreatif dan favorit. Mudah-mudahan dengan keberhasilan ini bisa menambah gairah para pengusaha, baik nasional maupun internasional yang ingin berinvestasi di Kabupaten Jayapura.

“Pengusaha menjadi berminat untuk berinvestasi di semua sektor, khususnya di bidang pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, pariwisata dan perdagangan,” ujar Adolf Yoku lagi.

Ajang pameran Apkasi Otonomi Expo ini merupakan ajang tahunan yang digelar oleh Apkasi (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia). Tahun 2018 ini merupakan tahun ke-14 ajang ini digelar. Kabupaten Jayapura sendiri setiap tahun mengikuti ajang ini untuk memperkenalkan potensi Kabupaten Jayapura dikancah nasional dan internasional.

Tiap tahun kita ikut ajang ini, karena melalui ajang ini kita bisa memperkenalkan potensi-potensi yag ada di Kabupaten Jayapura kepada dunia luar baik baik nasional maupun internasional.

Apalagi Apkasi Otonomi Expo ini diikuti juga oleh kabupaten lain serta para investor dari luar negeri, papar pria yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas TPH Kabupaten Jayapura tersebut.

Kabupaten Jayapura, lanjutnya, dalam pameran Apkasi ini, sebenarnya persiapan dari pihaknya itu sangat mendadak sekali. Karena di Kabupaten Jayapura pada bulan Juni 2018 lalu itu ada iven Festival Danau Sentani ke-XI Tahun 2018, kemudian dilanjutkan dengan pesta demokrasi Pilkada (Pilgub) Provinsi Papua.

Sehingga persiapan ini sebenarnya, kami rasa dan boleh dikatakan sangat mendadak sekali. Tapi, kami bersyukur kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura melalui Bupati dan Wakil Bupati Jayapura sangat mendukung sekali, ucapnya.

Pemkab Jayapura, Adolf Yoku menambahkan, melalui ajang ini potensi atau produk-produk unggulan atau andalan Kabupaten Jayapura ditampilkan, baik itu dibidang pariwisata, investasi, perindustrian, perikanan, pertanian dan perkebunan dilirik oleh investor, sehingga mau menanamkan modalnya di Bumi Khenambay Umbay.

Ya, setiap OPD di Kabupaten Jayapura itu masing-masing mempersiapkan produk-produk andalan atau unggulan mereka. Sehingga kita menampilkan produk unggulan daerah seperti di bidang perkebunan ada Kakao, di bidang tanaman pangan dan hortikultura ada beras Khenambay Umbay, buah merah dan umbi-umbian, bebernya.

Kemudian kita juga memperkenalkan destinasi wisata seperti Danau Sentani, eko wista, Danau Love, pantai pasir putih yang ada di Teluk Tanah Merah seperti Tablanusu, Harlem dan Amai. Ini juga tidak terlepas dari kerjasama antara pemerintah daerah dengan pihak swasta yang ada di Kabupaten Jayapura, sambungnya.

Karena diajang ini investor bisa melihat potensi daerah. Tentu kita berharap baik pariwisata dan sektor lainnya dapat semakin maju dan berkembang melalui ajang ini, tukas Adolf Yoku yang pernah menjabat sebagai Kepala SMPA Pertanian di Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur itu. (Irfan / KORAN HARIAN PAGI PAPUA)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here